Ahok: Kami Cuma Cuci Piring di Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ahok: Kami Cuma Cuci Piring di Jakarta

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama tidak terima disebut lemah mengawasi aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Menurutnya, berpindah tangannya puluhan aset DKI ke pihak ketiga terjadi sejak jaman dahulu.

“Makanya kalau dibilang dari jaman kami ya bukan. Kami cuma ‘cuci piring’ di Jakarta nih,” ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (30/6).

Sebagai hasilnya, Ahok sapaannya, berjanji akan menggugat aset-aset DKI yang berpindah tangan ke pihak ketiga. Bila tidak berhasil, maka renegoisasi perjanjian yang sudah disepakati oleh pemerintah sebelumnya dengan para pengusaha swasta akan dilakukan.

“Kita teliti. Kita musti gugat dan ambil. Makanya kita bisa minta renegoisasi juga perjanjian itu,” katanya.

Sebagaimana diketahui, aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seluas 1.538.972 meter persegi atau jika diuangkan senilai Rp 7,9 triliun dikuasai oleh pihak ketiga.

Sementara itu, 67.239 meter persegi lainnya atau setara dengan Rp 259 miliar tanah lainnya milik DKI dinyatakan kalah dalam sengketa di pengadilan.

Dari data RMOL, selama semester 1 tahun 2014 banyak aset DKI yang digugat oleh pihak ketiga. Diantaranya 35 bidang tanah yang digugat oleh pihak ketiga melalui Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, Kasasi, hingga Peninjuan Kembali (PK) di Mahkamah Agung (MA).

Selanjutnya, tanah yang dalam sengketa berupa dua bidang tanah bersertifikat hak pengelolaan lahan (HPL) No. 11 Kelurahan Jatinegara, HPL No. 2 di Kelurahan Penggilingan, tanah SLTP 48 Kebayoran Lama, tanah Taman Bmw di Kelurahan Papanggo, tanah bekas kelurahan Paseban, tanah lapangan bola di Jalan Danau Tondano Bendungan Hilir, tanah Jalan Harsono Ragunan dan tanah di Jalan M.H Thamrin No. 10 Kebon Sirih. [sam/rmol]

loading...
Click to comment
To Top