BKN Tolak Kenaikan Pangkat 89 PNS di Daerah Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

BKN Tolak Kenaikan Pangkat 89 PNS di Daerah Ini

ARGA MAKMUR – Sebanyak 650 berkas pengajuan untuk kenaikan pangkat di Pemda Bengkulu Utara sudah diserahkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bahkan, sudah menjalani masa tugas lebih dari empat tahun.

Namun, demikian tidak seluruhnya berkas mereka diterima BKN. Tercatat, ada sebanyak 89 PNS yang berkasnya terpaksa ditolak oleh BKN. Sementara sisanya siap menunggu pelantikan kenaikan pangkat.

Ditolaknya 89 berkas tersebut lantaran ijazah ujian yang digunakan untuk ujian persamaan pangkat berasal dari universitas swasta dengan akreditasi C. Selain soal ijazah, BKN juga menyeleksi dan menemukan adanya PNS yang penempatan tugasnya tidak sesuai dengan formasi awal perekrutan PNS tersebut. Misalnya PNS yang direkrut dari jabatan fungsional namun ditempatkan sebagai PNS struktural.

Dikonfirmsi, Kepala BKPPD, Dullah menuturkan jika ditolaknya 89 berkas tersebut bukan berarti PNS benar-benar tak bisa naik pangkat atau persamaan golongan.  Namun BKPPD akan kembali mengajukan 89 berkas tersebut.

“Bukan tidak ditolak BKN namun belum diterima, jadi nanti akan kita lengkapi lagi berkasnya dan kita ajukan lagi,” imbuhnya.

Dia mengakui jika sebagian besar PNS di Bengkulu Utara yang melakukan persamaan golongan dengan pendidikan lanjutan banyak dari universitas swasta.

Sedangkan di Provinsi Bengkulu tak banyak universitas swasta dengan akreditasi B. Sebagian besar PNS yang ditolak adalah PNS golingan III non jabatan dan bertugas dibawah 6 tahun.

Kemarin (29/6), Bupati Bengkulu Utara, HM Imron Rosyadi mengukuhkan 561 PNS yang mendapatkan kenaikan pangkat. Imron berpesan mereka yang naik pangkat tentunya diiringi dengan naiknya pendapatan. Sehingga ini harus berdampak pada naiknya kualitas PNS tersebut.

“Kalau pangkat naik, pendapatan naik tapi kinerja tidak naik tentunya tidak seimbang. Jadi tunjungan peningkatan kinerja,” kata Imron. (qia/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top