Calon Perseorangan Rawan Menggugat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Calon Perseorangan Rawan Menggugat

FAJARONLINE, MAKASSAR – Calon perseorangan di pilkada dinilai rawan menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kerawanan itu jika calon dinyatakan tidak lolos verifikasi dukungan. Karena itu, penyelenggara harus bersiap menghadapi kemungkinan timbulnya gugatan calon independen tersebut.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengungkapkan, sengketa tahapan ini sangat mungkin terjadi pasca KPU mengumumkan pasangan yang berhak bertarung pada perhelatan lima tahun sekali itu. Meski Bawaslu tidak berkaitan langsung dalam proses verifikasi faktual calon perseorangan, namun Bawaslu Sulsel mengaku tetap harus mempersiapkan diri menghadapi kerawanan itu. Salah satunya dengan melakukan pelatihan penyelesaian sengketa pencalonan kepada komisioner Panwaslu di 11 kabupaten. “Dari banyak tahapan dilalui calon, kemungkinan terjadi sengketa pada tahapan pencalonan,” ujar mantan wartawan Pedoman Rakyat itu, Selasa 30 Juni.

Dia menyebut, dalam UU pilkada No.8 Tahun 2015 diatur tentang penyelesaian sengketa pilkada tingkat pertama dilakukan Panwaslu.

Jika hal itu terjadi di daerah, maka pengawas yang di daerah berhak melakukan sidang dan memutuskan siapa yang salah. Jika pada sidang tingkat pertama kandidat tidak terima, mereka bisa lanjut ke tingkat banding Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN). “Kita berharap persoalan bisa selesai di tingkat kabupaten,” katanya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top