Disdik: Mark Up Nilai Masalah Serius – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Disdik: Mark Up Nilai Masalah Serius

FAJARONLINE, MAKASSAR – Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Sulsel, Basri kaget mendengar ada mark-up nilai di SD Sudirman. Menurut dia, pengubahan nilai sudah merupakan masalah serius.  Basri berjanji mengusut kasus tersebut. “Luar biasa infota. Saya tidak tenang mendengar ini. Saya pasti  telusuri siapa pelakunya kalau memang ada seperti itu,” ujar  Basri di kantor Gubernur Sulsel, Selasa 30 Juni.

Basri membantah jika nilai bisa diubah di Disdik. Menurut Basri, sistem penerbitan nilai UN SD tahun ini beda dengan tahun lalu. Nilai difinalisasi di Disdik Sulsel. “Tahun ini, pemindaian hasil ujian selesai di dinas kabupaten/kota. Nilai dari kota yang dikirim ke provinsi. Provinsi hanya menerbitkan SKHU. Apalagi penentuan kelulusan kembali ke sekolah. Jadi sebenarnya tugas Disdik hanya mencetak SKHU saja,” katanya.

Basri mengakui, sistem penentuan kelulusan yang dikembalikan ke sekolah tahun ini, banyak menimbulkan kerancuan. Pasalnya, dari nilai yang masuk ke Disdik, umumnya nilai siswa di sekolah pinggiran lebih besar dibandingkan sekolah unggulan. Basri mencurigai, ada oknum yang bermain di sekolah untuk mendongkrak nilai siswanya. Ia pun memuji sistem CBT yang langsung online, sehingga sulit memainkan nilai siswa. (iad)

loading...
Click to comment
To Top