Dosen Untad Raih Doktor Sosiologi di UNM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dosen Untad Raih Doktor Sosiologi di UNM

FAJARONLINE, MAKASSAR — Dosen prodi IPS FKIP Universitas Tadulako Palu, Drs.Kaharuddin Nawing, M.Si berhasil meraih gelar doktor ilmu sosiologi di PPs Universitas Negeri Makassar, Senin 29 Juni 2015, dengan nilai sangat memuaskan IPK 3,80.

Pria kelahiran Barru 6 Maret 1958 ini mempertahankan disertasi pada promosi dengan sidang senat terbuka dipimpin Direktur PPs-UNM, Prof.Dr.Jasruddin,M.Si berjudul Konstruksi Peguatan modal Sosial pada Komunitas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kota Makassar.

Tampil selaku penguji, Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM, Prof.Dr.Andi Agustang,M.Si; Prof.Dr.Idrus Abustan serta Prof.Dr. Hamka, M.Si. Selama penulisan disertasi dibimbing Promotor, Prof.Dr.Pawennari Hijjang, MA serta Kopromotor, Prof.Dr.H.Ahmad Sewang, MA dan Dr.Firdaus W.Suhaeb, MS.

Simpulan dari disertasi mantan Ketua Umum Senat Mahasiswa FKIP IKIP Ujungpandang 1980-1981 ini menunjukkan bahwa, simbol signifikan sebagai produk LDII pada dasarnya sangat potensial megkonstruksikan dan sumber penguatan pada modal sosial.

Simbol signifikan terdiri dari konsep jamaah,imamah, ketaatan, sabilillah dan konsep amal saleh, merupakan sumberdaya dan energi sosial yang sarat dengan nilai dan norma-norma berbasis modal sosial, tandas mantan pengurus KNPI Sulteng ini.

Praktek sosial pengajian dan manqul serta pemaknaan simbol signifikan pada komunitas LDII dan berimplikasi pada penguatan identitas sosial cultural, solidaritas sosial komunitas serta penguatan aktifitas berbasis partisipatif.

Temuan teoritik dan empirik dapat dideskripsikan bahwa konstruksi sosial agama pada LDII memanifestasikan modal sosial terikat (bonding social capital) berdimensi komunitarian. Namn dalam realitasnya sangat potensial ditranspormasikan ke dalam modal sosial mejembatani (bridging sosial capital), tegas mantan tim asesor sertifikasi guru Provinsi Sulteng.

Kaharuddin tamat SD Bottoe Barru 1970. PGA Negeri4 Parepare 1974. S1 IAIN Alauddin Makassar 1976. S1 FKIS IKIP Ujungpandag 1983 dan S2 PPs Unair Surabaya 2002. Suami dari Dra.Hj.HiladinA.Kadir serta ayah dari, Dini Rosyada, SE dan Dian Fitriani, S.Pd. (rilis/wik)

loading...
Click to comment
To Top