Hadapi Arus Mudik, Dua Puskesmas Siap Siaga 24 Jam di Salatiga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Hadapi Arus Mudik, Dua Puskesmas Siap Siaga 24 Jam di Salatiga

SALATIGA – Dalam menghadapi Lebaran, baik arus mudik dan arus balik 2015, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga telah menyiapkan dua unit Puskesmas yang buka siap siaga 24 jam. Kedua puskesmas tersebut adalah Puskesmas Sidorejo dan Puskesmas Cebongan, termasuk pula RSUD Salatiga.

Demikian diungkapkan Kepala DKK Salatiga, Dokter Sovie Harjanti MKes, disela-sela menerima kunjungan Tim Pemantau Kesiapan Hari Raya Idul Fitri Provginsi Jawa Tengah, di Puskesmas Siodrejo, kemarin.
“Kami telah menyiapkan puskesmas 24 Jam yaitu Puskesmas Sidorejo dan Puskesmas Cebongan serta RSUD Salatiga, dalam menghadapi Lebaran 2015 mendatang. Untuk masing-masing pos akan disiagakan tim medis maupun ambulan. Khususnya di pos lebaran pintu masuk JLS, tim medis siap menangani peristiwa kecelakaan, jika terjadi kecalaan berat maka sudah dipastikan korban akan dirujuk ke RSUD Salatiga,” tandas Dokter Sovie.
Tim pemantau lebaran provinsi yang mengunjungi Kota Salatiga itu dipimpin Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng Ir Teguh Dwi Paryono. Anggota tim masing-masing Setda Provinsi, Polri, Binamarga, PSDA, Bulog, BI, Balai POM, Dishubkominfo serta Biro Perekonomian dan Perindag. Materi utama yang ditinjau, diantaranya bagaimana rencana operasional puskesmas pada masa arus mudik dan arus balik. Juga, bagaimana SOP keadaan darurat dan penanganan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas dan kejadian luar biasa.
“Tim pemantau itu melakukan pantauan langsung ke puskesmas 24 jam, intinya memantau bagaimana kesiapan peralatan medis (kamar rawat inap dan peralatannya) saat lebaran, pengecekan kesiapan obat-obatan, kondisi infrastruktur/fasilitas puskesmas serta kasus di bidang kesehatan yang terjadi pada tahun lalu dan langkah antisipasi yang dipersiapkan,” jelas Ir Teguh Dwi Paryono. (hes)

loading...
Click to comment
To Top