JK: Untuk Pesawat Militer, Siapa yang Mau Asuransikan? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

JK: Untuk Pesawat Militer, Siapa yang Mau Asuransikan?

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan tidak ada asuransi untuk pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Medan, Selasa (30/6) siang tadi.

Selama ini, diakuinya, pesawat militer tidak pernah diasuransi. “Kalau pesawat tentara tidak ada pesawat asuransinya. Siapa yang mau asuransikan pesawat militer? Tidak ada,” ujar pria yang akrab disapa JK itu di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (30/6).

Pria kelahiran Watampone, Sulawesi Selatan itu juga mengakui bahwa Hercules tersebut sudah sangat tua. Hampir mencapai usia 50 tahun. Ia menduga kecelakaan pesawat itu terjadi karena masalah teknis.

“Ini memang sudah 50 tahun. Tapi mau diretrofit (perubahan setelah pembelian asli). Kita (Indonesia) punya 20 Hercules. Tentara itu baru beli pesawat pada 1950-1960, waktu zamannya Bung Karno dan zaman Jenderal Yusuf. Tahun 60-an itu awal-awal ada Hercules,” papar JK.

JK memastikan pemerintah akan segera melakukan evaluasi atas kepemilikan pesawat-pesawat militer tua tersebut. “Rencananya pemerintah memperbaharui alutsista secara bertahap,” tandas JK. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top