Kemenperin Pantau Ketet Industri Gula – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Kemenperin Pantau Ketet Industri Gula

FAJARONLINE, LAMPUNG – Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan Kemenperin memantau ketat produksi gula rafinasi yang dikhususkan untuk kebutuhan industri makanan dan minuman nasional. Selain itu, pemerintah juga mendorong produsen gula membangun kebun tebu sendiri untuk mengurangi impor raw sugar dan memperkuat kemandirian ekonomi.

“Pemantauan ketat itu sekaligus menjamin pemisahan pasar gula kristal putih untuk konsumsi langsung masyarakat dan gula kristal rafinasi untuk memenuhi kebutuhan industri,” katanya di pabrik gula rafinasi milik Sugar Labinta di Lampung dalam rangka safari ramadan, beberapa har lalu.

Di sisi lain, lanjut dia, pemerintah juga memberi apresiasi pada Pabrik Gula Rafinasi (PGR) yang memenuhi komitmen menyalurkan produk gula kristal rafinasinya ke industri makanan dan minuman.

“Saya harus fair. Monitoring ketat harus dilakukan untuk menjamin gula rafinasi merembes kemana-mana. Nah, jika ada perusahaan yang disiplin menyalurkan produknya sesuai ketentuan, hanya ke industri, ya harus diapresiasi,” tegasnya.

Ia menjelaskan, bahan baku gula rafinasi berupa raw sugar didapatkan dari impor. Untuk menguranginya, Menperin mendorong pengusaha memiliki kebun tebu sendiri. Satu-satunya cara mengurangi impor raw sugar ya dengan memiliki kebun tebu sendiri,” ujarnya.

loading...
Click to comment
To Top