KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan IAS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan IAS

FAJARONLINE, MAKASSAR – Proses praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tak membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhenti. KPK tetap menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ilham Arief Sirajuddin (IAS). Dalam kasus dugaan korupsi PDAM Kota Makassar, IAS  ditetapkan menjadi tersangka untuk kedua kalinya.

Sebelumnya KPK telah memanggil IAS, sebutan Ilham untuk menjalani pemeriksaan pada 24 Juni lalu. Namun mantan Wali Kota Makassar itu urung hadir lantaran berada di Mekkah menjalankan ibadah umrah. Dia juga mengaku tak mendapat surat panggilan dari KPK.

Kuat dugaan, pada pemeriksaan berikutnya, IAS akan langsung ditahan KPK. Penasihat hukum IAS, Asmar Oemar Saleh mengatakan jika kliennya pasti taat hukum dan hadir jika surat pemanggilan KPK sesuai prosedural. Termasuk jika ada indikasi penahanan dilakukan. “Itu sudah menjadi resiko dalam tahap pemeriksaan KPK. Itu hak KPK,” ujarnya di Jakarta, Senin 29 Juni. “Kalau Pak Ilham sudah berada di Indonesia, saya yakin dia akan hadir. Pak Ilham merupakan seseorang yang taat hukum. Dia akan menjalani seluruh prosedural hukum KPK,” katanya.

Soal ketidakhadiran IAS saat jadwal pemeriksaan pertama beberapa waktu lalu, Asmar menyebutkan jika sama sekali tak ditemukan surat panggilan dari KPK. Dengan demikian ketidakhadiran kliennya tak bisa dicap sebagai usaha ‘mangkir’. “Panggilan pertama KPK tidak ada yang sampai. Kita sudah cek semua alamat yang diberikan ke KPK, baik yang ada di Jakarta maupun Makassar, tapi menurut orang-orang di rumahnya tidak ada,” ungkapnya. (rmol)

loading...
Click to comment
To Top