PDIP Ngotot Depak Rini dari Menteri BUMN Pakai Alasan Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

PDIP Ngotot Depak Rini dari Menteri BUMN Pakai Alasan Ini

JAKARTA- Usulan dari internal PDIP agar Menteri Negara BUMN Rini Soemarno segera ditendang dari kabinet kembali disuarakan. Hal itu sebagaimana disuarakan politisi PDIP Masinton Pasaribu yang menjadikan alasan kewarganegaraan ganda Rini sebagai alasan.

“Presiden harus bersikap karena negara kecolongan. Harus dievaluasi, ya digantilah,” ujarnya saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta (Senin, 29/6).

Dijabarkan Masinton, UU melarang seorang pejabat negara memiliki kewarganegaraan ganda. Sementara Rini ‎yang sudah dua kali jadi menteri kedapatan memiliki kewarganegaraan ganda.

“Tidak boleh warganegara ganda karena loyalitasnya harus tunggal, harus ke NKRI. Rini sudah dua kali jadi menteri yang kecolongan BIN,” tandasnya.

Sebagaimana informasi yang dihimpun Rini Soemarno diketahui punya dua kewarganegaraan. Ini mengingat tempat lahir Rini yang berada di Maryland, Amerika Serikat pada 9 Juni 1958. Sementara itu negeri Paman Sam menganut sistem Ius Soli. Artinya, hak kewarganegaraan individu didasarkan pada tempat dia dilahirkan.‎ Dengan demikian Rini berkewarganegaraan Indonesia dan Amerika Serikat. (rmol)

loading...
Click to comment
To Top