Perangi ISIS, AS Pernah Minta Bantuan Tentara Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Perangi ISIS, AS Pernah Minta Bantuan Tentara Indonesia

CANBERRA – Diam-diam ternyata Pemerintah Amerika Serikat (AS) pernah meminta Indonesia agar mengirimkan pasukan untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Permintaan AS itu disampaikan saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjabat sebagai Presiden RI.

Hal itu diungkapkan mantan Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa saat berbicara di Australian National University (ANU), Australia, Senin (29/6). Menurutnya, Indonesia menolak permintaan itu karena memilih berkontribusi dengan mengatasi kelompok ekstrimis di dalam negeri.

“Kontribusi terbaik kami adalah memastikan ancaman dan ideologi ISIS tidak berkembang di negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia,” katanya.

Mantan Dita Besar RI di Inggris itu menambahkan, bergabung dengan koalisi untuk memerangi ISIS langsung di Irak memang akan membuat wajah Indonesia positif di depan negara-negara barat. Namun, hal itu juga berisiko di dalam negeri. “Itu bisa menciptakan reaksi yang tak diinginkan kembali ke rumah,” katanya.

Saat ditanya apakah negara yang meminta Indonesia mengirim pasukan untuk memerangi ISIS itu AS, Marty memberi jawaban sembari bercanda.  “Siapa yang menjadi pendukung utama pengumpulan itu? Itulah negaranya,” kilahnya.

AS memang memimpin koalisi pasukan di luar negeri dari berbagai negara termasuk negara-negara muslim di Timur Tengah. Hanya saja, AS meski menyatakan ISIS harus dihentikan tetap tak mau dianggap telah melakukan tentang invasi lain oleh negeri barat ke Irak.

Marty menambahkan, Indonesia tak mau melakukan pencitraan dengan ikut memerangi ISIS di Irak. Sebab, sejujurnya Indonesia telah melakukan langkah yang lebih berarti daripada mengirimkan pasukan untuk bergabung dalam koalisi pimpinan AS guna memerangi ISIS.

“Kita bisa melakukan hal lebih dengan mengatasi situasi internal daripada melakukan helar pasukan yang hanya untuk kosmetik,” katanya.(theage/ara/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top