Polres Demak Berbagi Zakat Profesi, Bantu Korban Kebakaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Polres Demak Berbagi Zakat Profesi, Bantu Korban Kebakaran

DEMAK, RAJA – Polres Demak, Jawa Tengah, menyalurkan zakat profesi kepada Sriyanto, korban kebakaran di Dukuh Wotan Desa Wonorejo Kecamatan Guntur, Selasa (30/6). Bantuan diberikan oleh Kasubag Pers Polres Demak AKP Sutomo didampingi Kapolsek Guntur AKP I Ketut Patra.

Bantuan yang diserahkan kepada Sriyanto adalah wujud kepedulian Polres Demak terhadap musibah yang menimpanya. Akibat kebakararan yang terjadi Senin (29/6) lalu korban menderita kerugian hampir Rp200 juta. Dana sumbangan tersebut berasal dari zakat profesi para anggota Polres Demak yang rutin dikelola sejak April 2015 lalu.
Satu lagi sisi kemanusiaan para anggota kepolisian dengan menyalurkan zakat profesi. Dengan kesadaran dan tanpa paksaan para personel Polres Demak menyisihkan 2,5 % dari gaji bersih yang mereka terima. Kebiasaan baik ini sudah dimulai sejak April 2015. Pada bulan tersebut dana yang terkumpul sebanyak Rp30.945.240, bulan Mei Rp33.366.729 dan Juni Rp33.231.957.
Menurut Kasubag Pers Polres Demak, AKP Sutomo, mekanisme penyaluran zakat profesi dari para anggotanya sudah melalui prosentase standar. “Setiap bulan kami menyetorkan zakat profesi anggota ke Bazda sebanyak Rp5.650.000, karena dalam pengelolaan zakat profesi anggota kami prosentasekan sebagai berikut, setor ke bazda 20 persen, untuk kemakmuran Masjid Uswatun Hasanah Polres Demak 20 persen, sedangkan yang 60 persen kami kelola untuk membantu sesama,” katanya.
“Dari 60% zakat profesi inilah kami membantu meringankan beban korban bencana, misalnya korban kebakaran di Karangawen sejumlah 2 titik, di Mranggen 1 kejadian dan di Guntur baru saja ada 1 kejadian. Dua bulan sebelumnya kebakaran yang memakan korban 3 anak meninggal juga kami beri santunan,” terang Sutomo. (piet)

loading...
Click to comment
To Top