Sopir Bus Akan Diperiksa, Disuruh Tes Urine Jelang Lebaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sopir Bus Akan Diperiksa, Disuruh Tes Urine Jelang Lebaran

JAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan melakukan pemeriksaan terhadap para sopir bus. “Para sopir bus akan kami periksa di Terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Tanjung Priok, dan Kalideres,” ucap Kepala Dinkes DKI Koesmedi Priharto di Balai Kota, Jakarta, Selasa (30/6).

Koesmedi menjelaskan, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan melalui tes urine pada H-7 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sopir menggunakan narkoba atau tidak. “Jadi semua sopir yang akan berangkat, kami periksa dulu,” ujar Koesmedi.

Dia menuturkan, hasil pemeriksaan terhadap para sopir bisa diketahui pada hari itu juga. Pengemudi yang tidak sehat atau terbukti menggunakan narkoba tak diizinkan memberangkatkan penumpang.

Tidak hanya memeriksa sopir, di sejumlah terminal juga akan didirikan posko kesehatan yang dijaga sekitar lima petugas medis. “Kalau ada pemudik yang mau berangkat tapi sakit bisa pergi ke posko ini,” ungkapnya.

Koesmedi menambahkan, posko didirikan bersama dengan posko mudik milik Dinas Perhubungan dan Transportasi, Satpol PP DKI, dan kepolisian. “Jadi di masing-masing terminal ada posko dari petugas gabungan,” tandas Koesmedi. (gil/jpnn)

Click to comment
To Top