Warga Satu Desa di Lutra Tidak Terdaftar di DP4 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Warga Satu Desa di Lutra Tidak Terdaftar di DP4

FAJARONLINE, MASAMBA – Data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Luwu Utara terkesan amburadul. Betapa tidak, ada satu desa yang warganya tidak terdaftar. Wajib pilih di Desa Baloli (Balebo) diketahui tidak ada dalam daftar DP4. Itu diketahui setelah KPU melakukan pemutakhiran data. Padahal jumlah pemilih di Desa Balolo pada pilpres lalu mencapai 912 orang. “Kami sangat kelimpungan karena data pemilih satu desa itu tidak ada,” ujar Ketua KPU Luwu Utara, Suprianto dalam rapat kerja dengan Komisi I DPRD Luwu Utara, Selasa 30 Juni.

KPU Luwu Utara sudah mengklarifikasi ke KPU Pusat. Hasilnya data pemilih dari desa itu memang tidak ada yang diserahkan ke Kemendagri. Saat diklarifikasi ke Kemendagri ternyata alasannya Dinas Kependudukan Luwu Utara yang tidak mengirim datanya. Dinas Kependudukan Lutra sendiri beralih sudah mengirim datanya. Tidak masuknya wajib pilih dalam DP4 akan berdampak pada Pilkada mendatang. Saat ini data penduduk yang memiliki hak pilih sesuai DP4 Luwu Utara mencapai 256.508 jiwa.

Jumlah itu diluar penduduk yang memiliki hak pilih di Baloli. Bahkan, jumlah pemilih ini masih ada yang ganda sekira 10 persen. “Contohnya nama pemilih di Kelurahan Kappuna Masamba juga terdapat di Desa Kappuna Kecamatan Sabbang,” ungkapnya. (shd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top