11 Bank Layani Penukaran Uang Receh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

11 Bank Layani Penukaran Uang Receh

FAJARONLINE, MAKASSAR – Kebutuhan masyarakat terhadap kelancaran sistem pembayaran tunai dan non tunai menjelang idulfitri dipastikan meningkat. Hal tersebut sejalan dengan adanya peningkatan kegiatan transaksi ekonomi masyarakat. Dalam mengantisipasi hal tersebut, BI melakukan optimalisasi distribusi dan persediaan uang tunai dibantu perbankan.

Dari sisi non tunai, infrastruktur dan layanan sistem pembayaran juga telah disiapkan untuk mengantisipasi peningkatkan transaksi pembayaran non tunai, baik melalui sistem RTGS maupun sistem kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Hal tersebut disampaikan Kepala Deputi Bank Indonesia Perwakilan Sulampua, Mokhammad Dadi Aryadi, saat siaran pers bersama media, di Hotel Novotel, Selasa 30 Juni. Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di Sulsel, BI telah menyediakan sebesar Rp4,3 triliun.

Jumlah itu naik drastis 59,26 persen dibanding tahun lalu yang sebesar Rp2,7 triliun. “Dari jumlah tersebut Rp2,9 triliun kami siapkan untuk penarikan pada perbankan. Sebesar Rp402 miliar untuk kas titipan,” jelasnya.

Selain itu lanjut Dadi, di antara jumlah tersebut, sebagian besar disalurkan di Makassar dikarenakan sebagai sentra perekonomian Sulselbar. Bagi masyarakat pebisnis yang ingin menukarkan uang, bisa dilayani pada 11 bank yang ada di Makassar. Seperti di BNI, BRI, Mandiri, BCA, BII, CIMB Niaga, Danamon, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega, Bank Panin, serta Bank Artha Graha. Untuk masyarakat umum dapat melakukan penukaran di loket BI di Wisma Bank Indonesia Jalan Pasar Ikan No. 8 Makassar setiap Selasa, Rabu, dan Kamis pukul 09.00-12.00 Wita. Penukaran tersebut berlaku hingga 15 Juli 2015 mendatang. (jai)

loading...
Click to comment
To Top