Bone Kirim 290 Sapi ke Buol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Bone Kirim 290 Sapi ke Buol

FAJARONLINE, WATAMPONE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone memasok 290 ekor bibit sapi ke Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Pengiriman secara simbolis dilakukan Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi di Dusun Parigi, Desa Sengeng Palie, Kecamatan Lappariaja, Rabu 1 Juli. Pelepasan perdana bibit sapi tersebut juga dihadiri Kepala Bidang Pengembangan dan Usaha Dinas Peternakan Sulawesi Selatan, Syamsul Bahri, Kepala Dinas Peternakan Bone, Aris Handono, serta beberapa anggota DPRD Bone.

Bupati Bone, Andi Fahsar Padjlangi mengklaim, populasi ternak sapi di daerahnya mencapai 325 ribu ekor. Itu pun cenderung bertambah setiap tahun. Dominan masyarakat Bone menggeluti usaha ternak sapi dan pengembala. Apalagi, prosespek bisnisnya cukup menjanjikan dan didukung ketersediaan pakan yang juga memadai. “Prospek bisnisnya menjanjikan, harga bibit enam jutaan, namun jika dipelihara dan dewasa harganya bisa berkali lipat,” ujarnya. Kendati pengiriman sapi bibit ke luar daerah semakin tinggi, namun mantan pejabat Pemprov Sulsel ini mengingatkan agar kebutuhan sapi di dalam daerah tidak bisa mengalami kekurangan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Usaha Dinas Peternakan Sulawesi Selatan, Syamsul Bahri, menyebutkan Sulsel merupakan pemasok sapi bibit terbesar skala nasional setelah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kebutuhan bibit tiap tahun mencapai 30 ribu bibit yang sebagian berasal dari Bone. “Pengiriman ternak sapi harus berhitung, jangan sampai asal dikirim keluar karena kebutuhan bibit sapi mencapai 2 juta ekor pada tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Seorang peternak sapu terbesar di Lappariaja, Haji Udding, mengatakan sudah bertahun-tahun beternak dan menjadi pengusaha sapi. Dirinya bahkan memeroleh sapi dari warga setempat jika permintaan melonjak. “Biasanya sapi dikirim sampai ke Gorontalo, Palu, Papua dan kalimantan.” ujar Haji Udding, pengusaha sapi ternama di Bone Bagian Barat itu. (hen)

loading...
Click to comment
To Top