BRT Makassar Mirip di Jepang-Singapura – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

BRT Makassar Mirip di Jepang-Singapura

FAJARONLINE, MAKASSAR – Sektor transportasi darat di kawasan Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar) memasuki babak baru. Sedikitnya 15 unit bus rapid transit (BRT) mulai beroperasi di kawasan ini, Rabu 1 Juli. Hingga beberapa bulan ke depan, Pemprov Sulsel bersedia mem-back-up pengoperasiannya bisa berjalan lancar. Bus yang memuat 58 penumpang dengan kursi sebanyak 30 unit itu mirip dengan alat transportasi sejenis yang beroperasi di Jepang dan Singapura.

Dalam pelepasan, Rabu 1 Juli, orang-orang mulai ramai berkumpul di sepanjang Jl AP Pettarani. Beberapa polisi lalu lintas mengatur arus. Orang berpakaian dinas menyebar beraturan di sekitar halte bus, di depan LPMP Sulsel. Halte koridor II itu hendak diresmikan Gubernur Sulsel dan Wali Kota Makassar. Seutas tali berpita warna-warni tampak melintangi pintu penghubung halte. Menanti kedatangan para pejabat pemerintahan.

Sebuah bus panjang tiba dari arah selatan. Bus yang didominasi warna biru tua itu memelankan lajunya di depan halte. Di jendelanya tertempel stiker bertuliskan, “Ayo naik bus! Biar nggak bikin macet!”. Hanya saja, butuh waktu beberapa menit hingga bus itu bisa tepat berhenti di depan pintu halte. Berulang kali sopir harus memastikan posisi dengan maju dan mundur. Itulah Bus Rapid Transit (BRT) yang mulai beroperasi kemarin. Secara simbolis, pengguntingan pita menandai diluncurkannya Koridor III dan Koridor VIII.

Sebanyak 30 unit BRT dipersiapkan untuk melayani koridor II, III, dan VIII. Namun untuk tahap awal ini baru 15 unit yang dioperasikan. Sementara 15 unit lainnya masih dalam pengurusan faktur. “Jadi selama ini kita lama meluncurkan BRT bukan karena banyak kendala. Tapi karena pengurusan administrasinya yang memang lama untuk mengesahkan satu bus,” terang Kepala Perum Damri, Adrian Mamusung saat menunggu kedatangan gubernur. (mp13)

loading...
Click to comment
To Top