Distanak Polman Dorong Produksi Cabai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Distanak Polman Dorong Produksi Cabai

FAJARONLINE, POLEWALI — Salah satu komoditas pemicu inflasi di Indonesia yaitu cabai. Dinas Pertanian dan Pertenakan Kabupaten Polewali Mandar (Distanak Polman) juga berupaya mengenjot produksi cabai.

Distanak pun berencana membuat klaster produksi cabai. “Produksi cabai memang cukup rendah di Polman ini, banyak tak melirik produksi cabai ini,” ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Muhammad Nasir

Pemda tengah mengupayakan untuk membuat kawasan produksi cabai. “Kita akan dorong usai lebaran, menyasar kelompok-kelompok tani untuk menaman cabai. Baik di Kecamatan Wonomulyo, Luyo, Campalagian, dan Limboro,” ujarnya.

Saat ini, kata Nasir produksi cabai sangat rendah, masyarakat hanya mengembangkan dilahannya setengah hektar.

“Banyak yang tak budidayakan sebab butuh perawatan dan teknologi. Di Polman hanya 10 hektar lahan yang berproduksi cabai. Mereka panen hingga tiga kali panen tiap tahun, dan bisa 4-5 ton perhektar. Jadi, jumlah produksinya mencapai 150 ton pertahun,” ungkapnya.

Jika sistem kawasan ini diberlakukan, produksi cabai bisa meningkat. “Pemerintah upayakan agar ada lahan 1-5 hektar untuk bisa tanam cabai untuk dijadikan sentra produksi. Di bina dan disiapkan penyuluh pertanian agar produksi bisa naik 5-6 ton perhektar, agar produksi pun mencapai 200 ton pertahunnya,” tuturnya. (ham)

loading...
Click to comment
To Top