DPD RI Minta KLH Bentuk Program Pencegahan Pencemaran Danau – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

DPD RI Minta KLH Bentuk Program Pencegahan Pencemaran Danau

JAYAPURA – Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba meminta kepada Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH), Siti Nurbaya untuk segera membuat program kerja untuk pencegahan pencemaran dan upaya perbaikan pencemaran untuk kawasan danau di Indonesia.

“Khususnya untuk Danau Sentani di Jayapura, Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Singkarak di Sumatera Barat yang menjadi tempat warga setempat mencari nafkah,” kata Parlin –sapaan Parlindungan Purba-.

Selain danau tersebut, di Aceh ada juga terdapat danau laut-tawar, di Sulawesi Utara terdapat Danau Tondano, di Sulawesi Tengah Danau Poso, dan masih banyak danau yang potensial lagi yang dimiliki Indonesia selain sebagai sumber mata pencaharian masyarakat, “Potensi pariwisata juga sebagai sumber energi terbarukan yang juga harus diperhatikan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” tegasnya.

Ditambahkan, khusus untuk Danau Sentani maish lebih baik dari kasus yang menimpa Danau Toba yang memang sudah tercemar oleh berbagai bahan kimia. Banyaknya aktivitas di Danau Toba yang nyatanya tidak mendukung kepariwisataan merupakan hal utama yang menyebabkan danau tersebut tercemar.

“Salah satu bukti adalah banyaknya keramba–keramba ikan milik perusahaan asing dan masyarakat sekitar danau yang tidak terkontrol bahan pakan ikannya. Ini yang harus diperhatikan untuk dilakukan tindakan pencegahan agar masyarakat setempat bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di Danau Sentani tanpa merusaknya,” tukasnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top