Hari Ini, IAS Jalani Sidang Praperadilan Kedua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Hari Ini, IAS Jalani Sidang Praperadilan Kedua

JAKARTA –  Mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) kembali mengajukan praperadilan untuk kedua kalinya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan tersebut menyusul ditetapkannya IAS sebagai tersangka untuk yang kedua kalinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rencananya, PN Jakarta Selatan dijadwalkan sidang pada hari ini, Rabu (1/7).

Sebelumnya, sidang gugatan praperadilan IAS ini digelar pada Kamis (25/6) lalu, namun sidang tersebut terpaksa harus diundur. Pengunduran itu dilakukan oleh Hakim atas permintaan KPK selaku termohon. Berdasarkan jadwal, seharusnya sidang dilangsungkan 10.00 WIB. Akan tetapi, hingga berita ini dirilis, IAS belum juga tampak di PN Jakarta Selatan.

“Iya hari ini agenda sidang perdana setelah penundaan beberapa waktu lalu. Hari ini agenda pembacaan permohonan. Ini kita masih tunggu yah,” kata Deny Hariyatna kuasa hukum IAS.

Pada praperadilan pertama, IAS memenangkan sidang gugatan, dan status tersangkanya dinyatakan tidak sah oleh pengadilan. Namun usai putusan itu, KPK kembali menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) yang menersangkakan IAS.

Untuk diketahui, IAS ditetapkan tersangka oleh KPK sejak sekitar setahun lalu, yaitu pada 7 Mei 2014. IAS diduga melakukan tindak pidana korupsi kerja sama rehabilitasi kelola dan transfer untuk instalasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar tahun anggaran 2006-2012. (hrm)

Click to comment
To Top