Ketua DPD Bahas Pembangunan Daerah di MIKTA Speakers Forum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ketua DPD Bahas Pembangunan Daerah di MIKTA Speakers Forum

SEOUL–Ketua DPD RI, Irman Gusman, menghadiri MIKTA Speakers Consultation 2015 yang juga akan dihadiri oleh pimpinan parlemen dari Meksiko, Korea Selatan, Turki, dan Australia, di Seoul, Rabu (1/7).

Dalam penjelasannya kepada wartawan di Seoul, Irman menjelaskan, MIKTA merupakan forum dialog informal yang dapat dimanfaatkan untuk bertukar pandangan dan pengalaman tentang berbagai masalah regional dan global, serta untuk meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang dengan negara-negara tersebut.

Dalam forum multilateral lintas benua yang berlangsung tanggal 2-4 Juli itu, Irman akan memberikan dua sambutan utama tentang posisi Indonesia mengenai sejumlah masalah regional dan global, juga tentang Agenda Pembangunan Global Pasca-2015 yang akan diadopsi bulan September nanti di Markas Besar PBB di New York.

Irman menjelaskan bahwa dengan adanya forum MIKTA Speakers Consultation, ia akan mengajak mitranya dari empat negara untuk bertukar pandangan tentang perlunya menjalin hubungan kerjasama antara provinsi-provinsi di Indonesia, dengan berbagai provinsi di negara-negara dimaksud. Kerjasama dimaksud dapat melibatkan pelaku ekonomi, perguruan tinggi, serta berbagai pihak lainnya yang berkepentingan untuk membangun jaringan dengan pihak luar.

Di era globalisai ini, jelas Irman, perlu dijalin hubungan kemitraan yang luas dengan berbagai negara, melalui upaya-upaya yang dapat mempercepat pembangunan daerah. Karena itu ia ingin mengajak sesama pimpinan lembaga legislatif dari empat negara dimaksud, untuk berdialog tentang upaya membangun daerah di Indonesia.

Ia menambahkan, forum MIKTA tidak dimaksudkan untuk membentuk organisasi regional yang terstruktur, namun dapat pula menjadi wadah konsultasi antara negara-negara partisipan, termasuk Indonesia, guna berbagi pengamalam tentang berbagai program yang menyangkut Sustainable Development Goals (SGD).
Pimpinan lembaga legislatif dari lima negara ini akan berdiskusi tentang 17 target pencapaian SDG termasuk pengentasan kemiskinan dan buta huruf, pemukiman, pendidikan, kesehatan, air bersih, lingkungan layak huni, kelestarian alam, pemberdayaan masyarakat, persamaan gender, konservasi sumberdaya maritim, kemitraan global, serta upaya mengatasi kesenjangan sosial baik di masing-masing negara maupun antara satu negara dengan negara lainnya.
Negara-negara MIKTA juga bagian dari kelompok G20 yang menguasai sebagian besar sumberdaya, teknologi, produksi, pasar, dan perputaran keuangan dunia. Dalam G20 sendiri posisi Indonesia berada di peringkat ke-16, didahului oleh empat anggota MIKTA lainnya dan diikuti oleh Turki.

Selain memberikan dua keynote speech di forum MIKTA Speakers Consultation, Ketua DPD RI juga mendapat kehormatan menjadi moderator untuk memandu diskusi tentang kerjasama antar-negara MIKTA, pembangunan berkelanjutan, keamanan regional, serta agenda pembangunan dunia 15 tahun ke depan.

Irman juga diagendakan akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye sebelum kembali ke Tanah Air. (fmc)

loading...
Click to comment
To Top