Malam Ini, Jupiter dan Venus Terlihat Berdampingan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Malam Ini, Jupiter dan Venus Terlihat Berdampingan

PLANET Venus dan Jupiter terletak berjarak jutaan kilometer jauhnya. Tetapi, beberapa hari terakhir, kedua planet ini justru tampak berdampingan dan hanya beberapa derajat pada (1/7) malam. Kedua planet telah bergerak lebih dekat secara bersamaan selama beberapa minggu terakhir.

Ilmuwan NASA Bill Cooke mengatakan, ini adalah fenomena yang dikenal sebagai ‘konjungsi’.

“Sebuah konjungsi adalah suatu keadaan di mana dua benda langit tampak sangat dekat secara bersamaan di langit. Dalam prakteknya, mereka tak mendekat secara bersamaan, mereka dipisahkan oleh jutaan atau ratusan juta mil atau bahkan bertahun-tahun cahaya,” jelasnya.

Astronom dari Masyarakat Astronomi Tasmania, Steve Harvey, mengatakan, konjungsi ini akan terlihat di mana-mana jika langit cerah. “Venus akan menyala kuning terang dan tepat di samping itu ada Jupiter, yang berwarna kuning keemasan, dan Venus adalah yang paling terang di antara keduanya,” terangnya.

Ia menambahkan, “Jika nanti adalah malam yang cerah, dengan latar belakang hitam, mereka akan tampak sangat kuat, jauh lebih terang daripada bintang,” Tambahnya.

Kedua planet telah muncul secara dekat satu sama lain selama sebulan terakhir tapi Steve mengatakan, (1/7) adalah puncak dari kedekatan mereka di langit. “Mereka hampir muncul seolah-olah mereka bersentuhan tampak kurang dari setengah lebar bulan yang terpisah,” sebutnya.

Dalam beberapa kasus, kedua bintang akan tampak begitu dekat secara bersamaan sehingga mereka akan terlihat seperti bintang ganda. Steve mengatakan, konjungsi terjadi cukup sering tapi hal yang cukup langka untuk dua planet ini.

“Keduanya bergerak begitu dekat [secara bersamaan] kira-kira setiap lima sampai 10 tahun,” terangnya.

Ia mengemukakan, “Dalam minggu terakhir ini, Bulan juga telah mendekati pasangan antar bintang dan menciptakan segitiga yang spektakuler di langit.”

Tapi Steve menyebut, Bulan akan berada di sisi lain dari langit ketika Jupiter dan Venus bertemu. “Mereka ada di barat laut, jika Anda berbalik dan melihat ke timur, Bulan aa di timur, sehingga mereka terpisah jauh,” katanya.

Setelah (2/7) malam Steve menerangkan, kedua planet akan cepat menjauh dari satu sama lain.

“Anda akan dapat melihat mereka secara bertahap menyimpang, saat Venus bergeser di sekitar matahari dengan sangat cepat dibanding Jupiter, dan mereka akan mulai menjauh secara bertahap,” jelasnya. (jpnn)

loading...
Click to comment
To Top