Maros Terancam Krisis Air Jika Pengurasan Bendungan Batu Bassi Dilakukan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Maros Terancam Krisis Air Jika Pengurasan Bendungan Batu Bassi Dilakukan

FAJARONLINE, MAROS — Kabupaten Maros terancam krisis air bersih selama beberapa hari kedepan jika pengurasan Bendung Batu Bassi Kecamatan Bantimurung dilakukan.

Ini merupakan kegiatan dari Kementerian PU dalam hal ini Satker pengairan.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Abdul Baddar berharap agar pelaksanaan pengurasan Batu Bassi bisa ditunda setelah puasa.

“Ada rencana pelaksanaan pengurasan, pengecekan kerusakan dan perbaikan Bendungan Batu Bassi pada lantai penguras dan pemasangan bronjong pada bagian hulu kiri bendungan Batu Bassi yang rencananya akan dilakukan oleh CV Karezo Mandiri selama dua kali yaitu Kamis, 2 Juli dan Sabtu, 4 Juli,” jelasnya.

Menurutnya pelaksanaan pengurasan ini dapat berisiko terhadap pelayanan air bersih kepada pelanggan PDAM.

“Tentu ini akan berpengaruh terhadap pelayanan ke pelanggan PDAM. Karena dampaknya selama tiga hari hingga seminggu air PDAM tidak mengalir ke rumah pelanggan. Sedangkan rumah yang jauh bisa sampai seminggu,” jelasnya.

Pasalnya sumber air di Bendungan Batu Bassi ini sudah terkoneksi. Sehingga jika ada satu pipa yang tersumbat atau bermasalah juga bisa berdampak pada yang lain.

“Tentu akan berdampak karena jika pipa induk dari instalasi telah mengalami kekosongan air, maka dibutuhkan beberapa hari untuk menstabilkan air yang ada dalam pipa,” sebutnya.

Dia mengatakan jika pengurasan ini dilakukan tentu akan berdampak ke pelanggan dibeberapa wilayah seperti di Kecamatan Bantimurung, Simbang, Maros kota hingga Maros bagian utara. (Rin)

loading...
Click to comment
To Top