Nah Loh.. Terbukti Melanggar Sidang Praperadilan Budi Gunawan, Hakim Sarpin Dihukum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Nah Loh.. Terbukti Melanggar Sidang Praperadilan Budi Gunawan, Hakim Sarpin Dihukum

JAKARTA- Komisi Yudisial (KY) menilai ada pelanggaran yang dilakukan oleh hakim Sarpin Rizaldi terkait putusannya dalam sidang praperadilan Komisaris Jenderal Budi Gunawan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel).

Atas dasar itu, KY sepakat untuk merekomendasikan pemberian sanksi berupa skorsing (nonpalu) selama 6 bulan terhadap hakim Sarpin.

“Pleno KY lengkap (tujuh orang) menyepakati merekomendasikan sanksi skorsing. (nonpalu) selama 6 bulan,” kata Komisioner KY, Imam Anshori Saleh melalui pesan singkat kepada wartawan beberapa saat lalu, Selasa (30/6).

Imam menjelaskan beberapa prinsip yang dilanggar Hakim Sarpin. Salah satunya Sarpin tidak teliti dalam mengutip keterangan ahli yang dijadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Atas tindakan tidak teliti itu, apa yang disampaikan ahli bertentangan dengan yang dimuat Hakim Sarpin dalam putusannya.

Selain itu, menurut Imam, Hakim Sarpin juga dinilai tidak teliti menuliskan identitas ahli. Yakni dengan menyebut Prof Sidharta sebagai ahli hukum pidana. Padahal yang bersangkutan adalah ahli filsafat hukum. Hakim Sarpin selain itu juga disebut telah menerima fasilitas pembelaan secara gratis.

“Hakim Sarpin juga menerima Fasilitas pembelaan dari kuasa hukum secara gratis, dan tidak rendah hati, yakni tidak memenuhi panggilan KY malah menantang ‘kalau berani, KY datang ke PN Jakarta Selatan,” demikian Imam.(rmol/dem)

loading...
Click to comment
To Top