Penggunaan Dana BOS Puluhan Sekolah di Temanggung Bermasalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Penggunaan Dana BOS Puluhan Sekolah di Temanggung Bermasalah

TEMANGGUNG – Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung dalam Rapat Paripurna Pembahasan Pandangan Komisi terkait LKPJ APBD 2014 mengungkapkan, saat ini masih banyak sekolah di Temanggung, utamanya sekolah dasar dan SMP yang terindikasi melakukan penyalahgunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Ketua Komisi A Muh Sayid menyatakan indikasi ini diketahui setelah beberapa waktu lalu pihak Inspektorat Kabupaten Temanggung melakukan uji petik terhadap 50 sekolah terkait penggunaan dana BOS.
“Dari 50 sekolah yang duji oleh pihak Ispektorat, semuanya bermasalah. Tidak hanya sekolah di pedesaan tapi perkotaan juga bermasalah, kita tidak tahu apakah permasalahn tersebut karena tidak tahu atau disengaja,” kata Sayid.
Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini menyebutkan penyimpangan terjadi misalnya dari prosedur administrasi dan pemanfaatan dana. Banyak pengelola dana BOS tidak diangkat oleh pejabat yang berwenang. Diketahui setidaknya terdapat 14 modus yang digunakan untuk menyalahgunakan dana yang bersumber dari pemerintah pusat tersebut.
“Dari hasil uji tersebut timbul pertanyaan apakah dana BOS yang selama ini diklaim tidak cukup apakah benar-benar tidak cukup atau jangan-jangan karena pemanfaatannya, makanya diperlukan pengawasan yang lebih ketat, bila memang ada kesalahan tentu harus diproses sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.
Dia menambahkan, penyimpangan dana BOS akan berdampak pada layanan pendidikan terhadap anak didik. Nantinya apabila benar-benar ditemukan penyelewengan dengan unsur kesengajaan maka permasalahan ini akan dibawa ke jalur hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku. (din)

loading...
Click to comment
To Top