Perusda Agribisnis Belum Setor Dividen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Perusda Agribisnis Belum Setor Dividen

FAJARONLINE, MAKASSAR – Perusahaan Daerah (perusda) Agribisnis Sulawesi Selatan (Sulsel) membutuhkan tambahan penyertaan modal dari pemerintah untuk bisa ekspansi bisnis. Selama tiga tahun perusahaan milik pemprov belum pernah memberi setoran dividen ke PAD (pendapatan asli daerah).

Direktur Perusda Agribisnis, Soeprapto Budi Santoso, mengungkapkan, penambahan modal saat ini sedang diusulkan ke pemerintah provinsi Sulsel sebesar Rp15 miliar. “Pengajuan budget itu 2015 ini. Dana sebesar Rp15 miliar akan digunakan sebagai investasi bisnis perdagangan untuk peternakan, rumput laut, gula, hingga perberasan,” ujar Soeprapto di sela-sela topping off Hotel The Rinra, Rabu 1 Juli.

Soeprapto mengungkapkan, jika mengacu kepada Perda (Peraturan Daerah), Perusda Agribisnis seharusnya mendapat penyertaan modal hingga Rp28 miliar dalam lima tahun perusahaan tersebut berdiri, dengan target aset Perusda Agribisnis sebesar Rp18 miliar. “Namun, sampai saat ini, aset kita cuma Rp3 miliar,” jelas Soeprapto. Jika mendapat penyertaaan hingga Rp15 miliar, Soeprapto yakin, Perusda Agribisnis akan menyetor dividen. “Saat ini, beberapa bisnis yang kita jalankan berupa penggemukan 70 ekor sapi di Gowa. Dengan bantuan modal ini, kita ingin membeli kmoditas dari petani dengan harga yang layak, tapi tetap untung untuk menyetor PAD lebih besar,” jelas dia. (sbi)

loading...
Click to comment
To Top