Presiden Resmikan BPJS Ketenagakerjaan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Presiden Resmikan BPJS Ketenagakerjaan

CILACAP, RAJA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara penuh resmi beroperasi per 1 Juli 2015. Peresmian tersebut dilakukan Presiden Joko Widodo, Selasa (30/6) yang berlangsung di Pantai Teluk Penyu.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi tiga menteri, yakni Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudji Astuti, Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Turut mendampingi Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn GF Masassya, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Kehadiran Presiden Jokowi molor sekira satu jam dari waktu yang diagendakan. Sekitar pukul 10.30 rombongan Presiden baru tiba ditempat acara dan disambut hangat sekira 5.000 undangan yang sudah menunggu sejak pukul 08.00 WIB. Peresmian ditandai penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi, didampingi Menteri Ketenagakerjaan , Hanif Dhakiri, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassya, serta Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko selasa siang pukul 11.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko widodo mengatakan bahwa sebelumnya sudah dijelaskan oleh Dirut BPJS dan Menteri Ketenagakerjaan. ”Sehingga tidak perlu dijelaskan lagi dengan mengucap Bismillahhirrahmanirrahim, dengan ini operasional penuh BPJS Ketenagakerjaan saya resmikan.” Presiden selanjutnya membagikan secara simbolis 10 kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk para nelayan, dilanjutkan dialog santai dan tanya jawab ringan para nelayan di atas panggung.

Presiden juga membagikan hadiah 10 unit sepeda gunung bagi para nelayan yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyerahkan 2.500 unit alat tangkap ikan ramah lingkungan bagi para nelayan di Kabupaten Cilacap.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G. Masassya, BPJS ketenagakerjaan yang beroperasi secara penuh per 1 Juli 2015 menyelenggarakan empat program yakni Jaminan Hari Tua, jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun. Operasional penuh BPJS Ketenagakerjaan, Lanjut Elvyn, ditandai dengan peningkatan manfaat pada program-program lainnya, antara lain, peningkatan manfaat pada jaminan kematian yang sebelumnya sebesar Rp21 juta bertambah menjadi Rp24 juta.

Jaminan Kecelakaan kerja terdapat peningkatan manfaat pada biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit yang sebelumnya maksimal Rp20 juta, ditingkatkan menjadi pengobatan dan perawatan sampai sembuh. Dalam rangka mendukung program-program yang dimiliki, BPJS Ketenagakerjaan mengoptimalkan pelayanan dengan menggunakan budaya baru dengan sebutan layanan Prima, yakni peduli, ringkas, interaktif, Modern dan aktif.

Kunjungan kerja Presiden di Cilacap diakhiri dengan peninjauan kapal-kapal nelayan di pantai Teluk Penyu, Pukul 11.50 WIB Presiden Jokowi beserta rombongan meninggalkan pantai Teluk Penyu, menuju kota Purwokerto – Kabupaten Banyumas. (CO)

loading...
Click to comment
To Top