Sistem Online Dinilai Meminimalisir Kecurangan PPDB – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sistem Online Dinilai Meminimalisir Kecurangan PPDB

TEGAL – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem online yang sekarang dilakukan oleh Sekolah SMP, SMA SMK negeri di Kota Tegal meminimalisir kecurangan. “Tidak ada lagi titip-titipan” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Herlien Tedjo Oetami, Rabu (1/7).

Menurut Herlien selain dengan sistem online ini bisa lebih hemat, orangtua siswa bisa memantau jurnal posisi putra-putrinya di sekolah yang dituju secara online, transparan real time setiap saat. Posisi berdasarkan nilai dari siswa-siswi tersebut.
Dinas Pendidikan mencari cara yang terbaik untuk melaksanakan penjaringan PPDB, dengan memilih system online ini berdasarkan pada nilai siswa, terbuka dan transparan. Herlien mengimbau orangtua siswa tetap mencermati posisi urutan putra-putrinya sebelum pengumuman Kamis (2/7) pukul 16:00 WIB.
Jika dari hasil evaluasi nantinya PPDB online bagus, menurut Herlin, akan dilanjutkan PPDB tahun depan dengan melibatkan sekolah swasta yang ada di Kota Tegal.
Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Telkomsel dalam pelaksanaan sistem PPDB Online di tahun 2015 ini. Menurut operator Telkomsel yang menangani PPDB online Bayu Putro ada dua tipe pendaftar dengan system PPDB online, yang pertama siswa-siswi yang mendaftar melalui online dan kedua pendaftar langsung datang ke sekolah.
Pendaftar dengan online, setelah memasukan data secara online, kemudian pendaftar akan melakukan print sebagai bukti sudah melakukan pendaftaran online. Masing-masing pendaftar diberikan tiga sekolah pilihan, Berbekal print out tersebut pendaftar datang ke salah satu sekolah pilihannya untuk melakukan verifikasi data. Setelah verifikasi data peserta tinggal menunggu dan memantau jurnal, posisi urutan keberapa di sekolah yang pilihnya.
Sedangkan untuk pendaftaran yang langsung datang ke sekolah, pendaftar langsung datang melakukan verifikasi data, dan kemudian memasukan data ke sistem oleh operator sekolah, setelah itu pendaftar tinggal menunggu dan memantau jurnal sekolah yang dipilihnya.
Jika pilihan sekolah pertama yang lebih favorit gagal, secara automatis pendaftar akan masuk di posisi sekolah pilihan kedua, jika di sekolah pilihan kedua gagal secara automatis masuk ke sekolah pilihan ke tiga, dan jika masih gagal, pendaftar masih diberikan kesempatan untuk mendaftar lagi di luar ketiga sekolah yang menjadi pilihan awal. Jika masih gagal berarti pendaftar tidak bias lagi masuk ke pilihan sekolah negeri di kota Tegal.
Menurut Bayu Putro, dengan sistem online ini siswa atau orang tua siswa dapat memantau jurnal di alamat https://kotategal.siap-ppdb.com. Disana informasi posisi nomor urut bias dipantau secara real time. (tgl)

Click to comment
To Top