Usaid Prioritas Jangkau Papua Barat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Usaid Prioritas Jangkau Papua Barat

FAJARONLINE, MANOKWARI — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Pemerintah Provinsi Papua Barat dan USAID PRIORITAS meluncurkan program PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students) di Papua Barat. Peluncurkan ini menjadikan Papua Barat sebagai provinsi kesembilan di Indonesia yang menjadi mitra program USAID PRIORITAS.

Staff Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Ahmad Rizali mengatakan program USAID PRIORITAS sesuai dan mendukung rencana strategis Mendikbud. Program ini memperkuat keterampilan guru untuk membantu siswa berhasil dalam pembelajaran. “Atas nama Mendikbud saya mengucapkan terima kasih atas dukungan USAID PRIORITAS di Indonesia,” terangnya.

Wakil Gubenur Papua Barat Irene Manibuy mengatakan program USAID PRIORITAS sesuai dengan kebutuhan daerahnya. Ia menyebut rendahnya kemampuan membaca siswa di sekolah dasar merupakan tantangan terberat pendidikan di Papua Barat. Siswa Papua Barat hanya mampu membaca 39 kata dalam waktu satu menit.

Dibutuhkan metode khusus untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. “Salah satu fokus program USAID PRIORITAS adalah meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas awal menggunakan buku berjenjang dan memanfaatkan Buku Paket Kontekstual Papua (BPKP), maka itu sangat sesuai dengan kebutuhan kita,” terangnya.

Dalam implementasinya Program USAID PRIORITAS akan memberikan dukungan teknis kepada STKIP Muhammadiyah Manokwari dan Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan. USAID PRIORITAS mendukung STKIP Muhammadiyah Manokwari untuk menyediakan calon guru yang berkualitas. Sedangkan dengan Pemkab Manokwari Selatan, USAID PRIORITAS akan meningkatkan kapasitas pemda dalam menyediakan akses pendidikan dasar yang bermutu.

“Kami akan bekerjasama guru, kepala sekolah, komite sekolah dan siswa untuk mengatasi tantangan besar yaitu menyediakan akses pendidikan bermutu bagi siswa dan meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar,” terang Penasehat Tata Kelola dan Manajemen Pendidikan USAID PRIORITAS Mark Heyward. (ris)

loading...
Click to comment
To Top