Akses Utama KA Jalur Selatan, Polisi Cek Rel Solo-Surabaya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Akses Utama KA Jalur Selatan, Polisi Cek Rel Solo-Surabaya

KARANGANYAR, RAJA – Polres Karanganyar melakukan pengecekan jalur rel kereta api Solo-Surabaya di sekitar Stasiun Kereta Api Palur untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada arus mudik Lebaran.

Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo di Karanganyar, Rabu, mengatakan pengecekan yang dilakukan bekerja sama dengan pihak Stasiun Palur pada Selasa (30/6) tersebut untuk memastikan keamanan perjalanan kereta api menjelang arus mudik Lebaran 2015. Pasalnya diperkirakan pada arus mudik tahun ini masyarakat lebih memilih menggunakan moda kereta api. “Kami menyisir rel sepanjang tiga kilometer untuk memastikan keamanan perjalanan kereta api. Tadi ada temuan beberapa baut atau pendrol yang kendor. Temuan langsung kami sampaikan ke pihak stasiun, mereka yang punya kewenangan untuk memperbaiki,” katanya.

Menurut Suryo, perlintasan Palur merupakan akses utama puluhan kereta di lintas selatan pulau Jawa. Pengecekan tersebut, lanjut dia, juga didasarkan atas laporan masyarakat terhadap kondisi perlintasan itu. “Kami juga meminta agar masyarakat ikut berpartisipasi dan mewaspadai perlintasan kereta api. Jika ada temuan mohon segera dilaporkan ke pihak berwajib,” katanya.

Penyisiran dilakukan oleh 10 anggota Polres Karanganyar secara manual dengan berjalan kaki sepanjang sekitar tiga kilometer memeriksa baut dan benda-benda yang melintang di atas rel, katanya.

Kepala Stasiun Palur Heri Sunandar menambahkan pemeriksaan rel sudah dilakukan secara reguler setiap hari oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Yogyakarta. Namun menjelang Lebaran ada pemeriksaan tambahan. “Pemeriksaan reguler kita lakukan setiap hari dengan jalan kaki. Saat angkutan Lebaran ada pemeriksaan tambahan. Ini untuk memastikan jalur agar aman,” katanya. (In)

loading...
Click to comment
To Top