Jamkrindo Jamin Kredit Rp278,4 Triliun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Jamkrindo Jamin Kredit Rp278,4 Triliun

FAJARONLINE, MAKASSAR – Perusahaan umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke 45 tahun. Dalam rangka HUT tersebut, Jamkrindo merilis kinerja perusahaan selama Januari-Mei 2015. Secara nasional BUMN Pembiayaan itu membukukan total aset hingga Rp10 triliun dan volume kredit yang dijamin mencapai Rp278,4 triliun dengan imbal jasa penjamin (IPJ) atau premi sebesar Rp769,9 miliar.

Jamkrindo Wilayah III yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua misalnya membukukan total volume kredit hingga Rp2 triliun dengan IPJ Rp70,6 miliar. Seluruhnya merupakan penjaminan non KUR yang meliputi 12 produk penjaminan komersial seperti penjaminan kredit umum, Penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pegadaian dan pembiayaan kredit multi guna.

Kepala Kantor Wilayah III Jamkrindo, Sudibyo Utomo mengatakan, sepanjang semester satu 2015, Jamkrindo memang belum melakukan penjaminan disektor kredit KUR. Pasalnya, KUR telah dihentikan sementara dan sedang ada perbaikan sistem di kepemimpinan Joko Widodo. “Tapi yang outstanding kita masih ada yang termagsuk penjaminan KUR, sejak 2008 kita masih outstanding Rp12,4 triliun, sebagian itu adalah KUR,” katanya saat menggelar konferensi pers di kantor Jamkrindo Wilayah III, Kamis 2 Juli. (hik)

loading...
Click to comment
To Top