Jika Jadi Panglima TNI, Ini yang Akan Dilakukan Gatot Nurmantyo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jika Jadi Panglima TNI, Ini yang Akan Dilakukan Gatot Nurmantyo

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Gatot Nurmantyo mengukuhkan komitmennya untuk menguatkan TNI. Calon Panglima TNI ini akan memprioritaskan TNI untuk mendukung pembangunan poros maritim dunia yang sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Dalam paparannya saat fit and proper test di komisi I DPR, Rabu (1/7), Gatot manyampaikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di daerah ekuator yang memiliki garis pantai terpanjang nomor 2 di dunia. Yakni 95.181 ribu km.

Dengan begitu Indonesia butuh angkatan bersenjata yang mampu memantau setiap sudut penjuru nusantara dan merespon setiap gejolak yang muncul dengan cepat serta mampu menghilangkan ancaman yang ada di tanah air.

Karenanya, lanjut Gatot, yang perlu dibangun adalah kekuatan TNI Angkatan Laut dan Udara.

“Untuk itu tidak ada alternatf lain, kecuali fokus membangun kekuatan angkatan laut dan angkatan udara secara serentak dan sesegera mungkin, agar mampu memantau dan mengawal serta nusantara dengan memiliki keunggulan udara maupun laut,” kata Jenderal Gatot.

Usai menyampaikan visi misinya, Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq memuji Gatot yang notabene menjadi calon Panglima dari matra Angkatan Darat, tapi malah ingin fokus membangun kekuatan TNI Angkatan Laut dan Udara. (fat/jpnn)

Click to comment
To Top