Juli, Tenaga Kerja Wajib Ikuti Jaminan Ketenagaerjaan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Juli, Tenaga Kerja Wajib Ikuti Jaminan Ketenagaerjaan

CILACAP, RAJA – Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan bahwa seluruh pekerja wajib menjadi peserta jaminan sosial bidang ketenagakerjaan secara serentak pada tanggal 1 Juli 2015.

“Pekerja atau buruh dan pengusaha harus secara sinergis membantu menyukseskan penyelenggaraan program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan,” katanya di Cilacap, Jawa Tengah, kemarin.

Hanif mengatakan hal itu pada Peresmian Operasional Penuh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Pantai Teluk Penyu, Cilacap.

Menurut dia, pembangunan nasional selalu dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur yang merata, baik material maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Ia mengatakan bahwa pembangunan ketenagakerjaan terkait erat dengan peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia yang salah satunya dilaksanakan melalui pengembangan sistem jaminan sosial untuk seluruh masyarakat. “Sebagai hak dasar yang diatur dalam konstitusi UUD 1945, jaminan sosial telah menjadi unsur penting terbentuknya hubungan kerja. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), terhitung mulai besok (1 Juli 2015, red.) penyelenggaraan program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan akan beroperasi secara penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Selama ini, kata dia, penyelenggaraan program jaminan sosial hanya diikuti oleh sebagian pekerja atau buruh. Dengan demikian, lanjut dia, saat ini BPJS Ketenagakerjaan ditantang untuk menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 121,9 juta orang yang merupakan angkatan kerja nasional. (In)

loading...
Click to comment
To Top