Magelang Siap Terima Pemudik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Magelang Siap Terima Pemudik

MAGELANG, RAJA – Kota Magelang siap menerima para pemudik. Hal itu dikatakan Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito MT saat paparan persiapan pemkot menghadapi Hari raya Idul Fitri 1436 H, di ruang sidang lantai 2 Setda, Selasa (30/6). Rapat itu dihadiri forum pimpinan daerah, kepala SKPD, Direktur BUMD dan sebagainya.

“Kita harus  menjadi tuan rumah yang baik dan ramah kepada para pemudik lebaran. Dengan cara itu mereka merasa nyaman berada di sini dan bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan,” katanya.

Terkait itu, Sigit meminta lokasi pedagang kaki lima (PKL) makanan berjualan seperti di pusat kuliner Tuin Van Java, Sejuta Bunga, Kartika Sari, Taman Badaan, Daha dan sebagainya dibersihkan, kemudian disiram menggunakan mobil pemadam kebakaran.

“Pedagang bersama-sama membersihkan tempat berjualan dan kemudian disemprot. Sebab, para pemudik pasti akan jajan di berbagai pusat kuliner maka lokasinya harus bersih. Harga makanan jangan dinaikkan,” pintanya.

Selain menikmati kuliner, lanjutnya, para pemudik juga mencari hiburan, khususnya ke obyek wisata Taman Kyai Langgeng. “wahana permaianan harus sudah dalam kondisi siap dan baik. Jika ada yang belum selesai pengerjaannya segera diselesaikan, disamping untuk melayani tamu juga menambah pendapatan asli daerah,” tuturnya.

Untuk kelancaran lalu lintas walikota juga meminta material yang menumpuk di pinggir Jalan Urip Sumoharjo dan di Jalan A Yani dibersihkan mulai H-7. Jalan Urip Sumoharjo saat ini sedang dilebarkan, sedang material di jalan A Yani, tepatnya dekat Plengkung, untuk pembangunan tanggul Kali Kota.

Dia menerangkan, rekayasa juga harus dilakukan di Jalan Pemuda. Sebelum lebaran sudah mengganggu karena sering macet, apalagi saat arus mudik nanti. Rekayasanya meniru Jalan Ikhlas yang dulu juga sering macet. Yaitu memberlakukan aturan parkir mobil searah dengan jalan, bukan dengan posisi miring seperti saat ini.

“Coba parkir di Jalan Pemuda dibuat searah jalan, seperti di Jalan Ikhlas. Tujuannya supaya lalu lintas di jalan itu menjadi lancar, ini untuk kenyamanan masyarakat termasuk para pemudik,” terangnya.

Walikota mengizinkan depan Bank Magelang di Jalan Tidar dijadikan tempat masyarakat berjualan takjil. Jangan terpencar, tetapi dijadikan satu lokasi. Syaratnya selesai berjualan lokasi harus bersih seperti semula. (*)

loading...
Click to comment
To Top