Nasdem Berpeluang Menangkan Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Nasdem Berpeluang Menangkan Pilkada

FAJARONLINE, MAKASSAR – Peluang Partai Nasdem memenangkan pilkada di beberapa kabupaten di Sulsel terbuka lebar. Figur yang diusung di sebelas kabupaten cukup mendukung untuk itu. Selain karena ketokohan calon yang diusung, Nasdem juga membuka peluang lebih besar usungannya menang. Mereka lebih awal menetapkan calon yang akan diusung. Bahkan kini mereka sudah bisa fokus menggalang simpati masyarakat.

Figur potensial usungan Nasdem  terlihat di sejumlah daerah seperti Syaiful Arif-Junaidi di Selayar, A Sukri Sappewali-Tommy Satria (Bulukumba), Lutfi Halide (Soppeng), A Rahman Asegaf (Pangkep), Malkan Amin-Salahuddin Rum (Barru), Frederick Batti Sorring-Fredrick Buntang Rambelayuk (Torut), Nurhasan (Maros), Indah Putri Indriani (Lutra) dan daerah lainnya. Bahkan usungan Nasdem di sejumlah daerah bisa menjadi ancaman partai lain, terutama yang kadernya saat ini berstatus sebagai petahana. “Peluang menang usungan Nasdem sangat mungkin terjadi, apalagi nama-nama yang telah diusung itu sebagian besar telah memiliki tingkat popularitas yang bagus di masing-masing daerah,” ujar pengamat politik Unhas, Jayadi Nas, Kamis 2 Juli.

Dibanding parpol lain, mantan Ketua KPU Sulsel ini menilai Nasdem telah melakukan terobosan baru dalam menghadapi perhelatan lima tahun sekali itu yakni dengan mengumumkan usungan lebih awal. Dengan begitu, calon bisa memaksimalkan waktu yang tersisa. “Paling tidak kekuatan mesin Nasdem sudah bisa bergerak lebih dulu dalam upaya menggerakkan potensi dalam memenagkan usungan yang telah ditetapkan partai. Nasdem ingin menang makanya dia lebih dulu merebut simpatik masyarakat dengan mempercepat pengumuman calonnya,” jelas Jayadi.

Pengamat politik Unhas, Adi Suryadi Culla mengatakan setelah penetapan calon usungan Nasdem, peta politik jelas mengalami perubahan. “Saya melihat peta politik berubah. Dengan nama-nama itu peluang menang sangat terbuka,” katanya. (taq)

Click to comment
To Top