Priyo : Daya Ledak Isu Rekaman Luar Biasa! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Priyo : Daya Ledak Isu Rekaman Luar Biasa!

JAKARTA –  Wakil ketua umum Golkar kubu Agung Laksono, Priyo Budi Santoso mengatakan, isu rekaman omongan menteri yang menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang disampaikan pertama oleh Mendagri  Tjahjo Kumolo, seharusnya layak untuk diperhitungkan.

”Posisi Mas Tjahjo penting karena beliau adalah all president’s men sekaligus all Ibu Megawati’s men,” kata Priyo, dalam diskusi yang digelar DPD RI di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (1/7).

Menurut Priyo, daya ledak isu rekaman itu luar biasa. Hal tersebut semakin memicu perlunya segera reshuffle kabinet, terutama sektor ekonomi. Priyo pun menilai isu yang dilempar Tjahjo penting untuk menciptakan solusi baru terkait reshuffle. ”Saya ambil positifnya saja. Jangan-jangan ini jalan yang harus dilakukan untuk memecahkan kebuntuan,” kata mantan wakil ketua DPR itu.

Sementara itu, staf khusus Presiden Jokowi, Eva Kusuma Sundari, mengatakan, ada perdebatan yang muncul saat Tjahjo dalam kapasitas sebagai menteri dalam negeri menyampaikan hal itu. Menurutnya, sikap Tjahjo tersebut justru menunjukkan posisinya sebagai pembantu presiden.

”Tugas dari semua kabinet menjaga wibawa dan kehormatan presiden. Dan kejadian ini menjadi peringatan kepada seluruh kabinet. Ini menjadi tupoksi Mas Tjahjo,” kata Eva yang juga politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Terkait evaluasi kabinet, Eva menilai, ada beberapa menteri yang kebijakannya tidak didasarkan Tri Sakti Pembangunan. Kebijakan menteri itu adalah membuka keran asing seluas-luasnya, namun tidak memberdayakan masyarakat dan produksi dalam negeri.

Hal tersebut tidak sesuai dengan konsep Nawa Cita yang mencita-citakan kemampuan produksi tanah air, tidak sekadar mengonsumsi. “Orang banyak bicara kapasitas dan kapabilitas, tapi yang tidak kalah penting juga adalah loyalitas kepada kepentingan nasional,” tandasnya. (bay/c10/fat/jpnn)

Click to comment
To Top