Sebanyak 63 Jenazah Korban Hercules Telah Dipulangkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Sebanyak 63 Jenazah Korban Hercules Telah Dipulangkan

JAKARTA-Sebanyak 63 dari 142 kantung jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Jalan Jamin Ginting Kota Medan sudah diidentifikasi dan dipulangkan kepada keluarganya.

“Sampai siang ini, sudah 63 jenazah yang teridentifikasi dan sudah dipulangkan kepada keluarga. Saat ini masih running diidentifikasi 10 jenazah,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf dalam konfrensi persnya di RS Adam Malik, Medan, Sumut (Kamis, 2/7).

Helfi mengatakan, sebanyak 98 keluarga korban juga sudah mendaftar ke Ante Mortem tim DVI Polda Sumut.

“Masih ada beberapa lagi yang belum daftar, untuk itu petugas mengharapkan kedatangan keluarga korban,” jelasnya.

Kepala Pusdokkes Mabes Polri Brigjend dr. Arthur Tompi menjelaskan, sesuai prosedur, identifikasi didasarkan pada data primer dan data sekunder. Data primer berupa sidik jari, rekam gigi, dan DNA.

“Satu saja positif kita nyatakan teridentifikasi,” papar Brigjend dr. Arthur.

Sedangkan identifikasi sekunder termasuk properti, seperti cincin, kalung, ikat pinggang, juga tanda-tanda khusus yang didapat dalam pengambilan data antemortem, seperti tanda lahir, cacat.

“Jika diperlukan data  primer satu, maka sekunder harus dua,” jelasnya seperti dikabarkan MedanBagus.com (Fajar Grup).

Brigjend dr. Arthur membantah adanya tudingan pihak keluarga korban yang mengeluhkan lambatnya proses identifikasi dan pemulangan kerabat mereka.

Dirinya berdalih keluarga sering salah, ada pula yang belum menyerahkan data ante mortem. “Memang kalau keluarga sudah mengenali hal ini tentu sangat membantu proses identifikasi,” katanya.

Brigjend dr. Arthur juga membantah proses identifikasi ini lebih diprioritaskan pada personel militer. Menurutnya, personel TNI cepat teridentifikasi karena lebih mudah dikenali dari seragam dan sudah rekam medisnya. [rus/rmol]

loading...
Click to comment
To Top