Sekjen DPD RI Teken MoU dengan Sekjen Parlemen Korsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Sekjen DPD RI Teken MoU dengan Sekjen Parlemen Korsel

SEOUL – Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Sudarsono Hardjosoekarto sepakat melakukan penandantangan MoU dengan Sekretaris Jenderal Parlemen Korea Selatan, Heong-Joon Park, Kamis (2/7).

Penandatangan MoU tersebut dilakukan di tengah konsultasi Ketua Parlemen MIKTA 2015. Yakni, forum multilateral lima negara diantaranya, Mexico, Indonesia, Korea, Turki dan Australia. Meski MIKTA adalah forum multilateral, akan tetapi di dalamnya terdapat banyak peluang kerjasama bilateral.

“MoU ini merupakan salah satu bentuk kerjasama bilateral itu,” jelas Sudarsono melalui rilis yang diterima redaksi Fajar Online, Kamis (2/7).

Sebelumnya, pada Desember 2014 lalu juga telah dilakukan penandatanganan MoU antara Sekjen DPD RI dengan Sekjen Senat dan Sekjen DPR Australia. Terkait hal itu, Sudarsono berharap ke depan akan dilakukan juga kerjasama antara Sekjen DPD RI dengan Sekjen Senat Mexico serta antara Sekjen DPD RI dengan Sekjen Parlemen Turki.

Lebih lanjut dijelaskan dalam kerjasama tersebut terdapat 4 (empat) butir yang dituangkan. Diantaranya meliputi pertukaran informasi proses legislasi, pertukaran informasi teknologi dukungan proses legislasi, pertukaran staf Sekretariat Jendral dalam rangka peningkatan kapasitas staf serta pertukaran pengalaman dalam dukungan legislasi, serta kerjasama dalam kegiatan internasional yang melibatkan kedua parlemen.

Dalam acara penandatanganan MoU itu turut disaksikan oleh senator Akhmad Muqowam asal Jawa Tengah (Jateng), AM Iqbal Parewangi asal Sulawesi Selatan (Sulsel), Abraham Liyanto asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Djasarmen Purba asal Kepulauan Riau (Kepri), dan Abdul Aziz Khafia DKI Jakarta. (rls/hrm)

loading...
Click to comment
To Top