Tidak Ada Warga Sipil Naik Hercules C-130 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tidak Ada Warga Sipil Naik Hercules C-130

JAKARTA – Sebelumnya beredar kabar bahwa korban yang menumpangi pesawat Hercules C-130 yang terjatuh di Medan, Selasa (30/6) ada yang berasal dari masyarakat sipil. Menanggapi kabar tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen TNI AU), Marsma Dwi Badarmanto membantahnya.

Menurutnya, penumpang sipil yang disebut ikut dalam penerbangan tersebut hanya dalam lingkup keluarga TNI. Bukan penumpang sipil yang tidak memiliki kaitan dengan keluarga TNI, atau penumpang sipil yang ikut tanpa persetujuan dari pimpinan TNI AU.

“Yang disebut sipil itu, keluarganya TNI yang ada di situ. Jadi ikut pesawat. Misalnya saya dinas, istri dan anak-anak saya ikut,” ujar Badarmanto, Rabu (1/7).

Saat dikonfirmasi, ada pengakuan keluarga korban yang mengaku saudaranya ikut pesawat tersebut meski bukan keluarga TNI dan bahkan membayar hingga Rp 1 Juta,  Badarmanto mengaku pihaknya akan mengecek kebenaran informasi tersebut.

“Kalau itu benar, akan ditindak tegas. Kalau menurut aturan, harus ada izin naik pesawat TNI. Misalnya, mau ikut pesawat TNI AU itu kan harus daftar dulu,” ujarnya. (hrm/jpnn)

Click to comment
To Top