Waduh…. Ahok Diduga Terlibat Korupsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Waduh…. Ahok Diduga Terlibat Korupsi

JAKARTA-Partai Gerindra mengaku baru tahu isu Basuki Tjahja Purnama (Ahok) terlibat korupsi pembangunan  Dermaga Manggar di Belitung Timur, setelah Ahok bersama Jokowi memenangkan Pilgub DKI Jakarta 2012.

“Kita taunya setelah dia jadi wagub,” ujar Ketua DPD Gerindra DKI Muhammad Taufik seperti dilaporkan RMOL Jakarta, (Fajar Grup) Kamis (2/7).

Wakil Ketua DPRD DKI ini mengatakan, meski demikian isu keterlibatan ‎Ahok itu memang sempat terdengar sayup-sayup saat proses Pilgub DKI 2012.‎ Namun saat itu partainya tidak menggubris.

“Memang pernah ada juga laporan ke kita, pas proses-proses Pilkada dan setelah Pilkada juga ada,” papar Taufik.

Taufik mengimbau agar penyelidikan terhadap Ahok dapat segera dilaksanakan oleh Bareskrim Polri. Ia yakin sebagai warga negara yang baik, Ahok akan mematuhi seluruh aturan terkait pemeriksaan kasus pembangunan Dermaga Manggar itu.

‎”Harus segera diusut dan sebagai warga negara yang baik harus ikuti pemeriksaan di Bareskrim. Pemeriksaanya di Bareskrim jangan di Balaikota. Kan posisinya sebagai WNI-kan sama. Segera diperiksa biar selesai. Jangan jadi ganjalan buat Ahok nanti isu itu,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, kelompok masyarakat yang tergabung dalam Forum Ketahanan NKRI melaporkan Ahok terkait dugaan kasus korupsi pembangunan Dermaga Manggar yang diduga merugikan negara sebesar Rp 22 miliar. Kasus ini tertunda penanganannya karena situasi politik tahun 2012 yang masih dalam suasana Pilgub DKI.

Kasus ini berawal tahun 2003 lalu saat Belitung Timur mempersiapkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Belitung Timur dan Program Strategis Departemen Perhubungan tentang pembangunan pelabuhan di Indonesia yakni Dermaga Manggar-Ketapang.

Pembangunan proyek ini sendiri menggunakan APBN untuk dermaga dan APBD untuk lahan seluas 20.000 m2 yang terletak di Desa Baru Kecamatan Manggar, yang ditandatangani Ahok sewaktu menjabat Bupati Belitung Timur pada 2006. Ahok sendiri turut diduga memalsukan dokumen negara terkait proyek itu. [rus/rmol] 

loading...
Click to comment
To Top