Atlet Cantik Asal Sulsel ini Lolos Langsung ke PON XIX – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Atlet Cantik Asal Sulsel ini Lolos Langsung ke PON XIX

FAJARONLINE,MAKASSAR — Sulawesi Selatan tidak pernah kehabisan atlet berbakat, termasuk pada cabor  yang biasanya digeluti kaum lelaki, menembak. Phirdana Bintari muncul disaat prestasi olahraga menembak kategoril putri tengah menurun.

Cewek yang karib disapa Dhana itu berhasil lolos langsung ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016, setelah melampaui Minimum Qualification Score (MQR) di kelas air riffle, lewat pelbagai kejuaraan.

Kepada FAJAR, Dhana menceritakan awal mula ia menggeluti cabor menembak. Menurutnya, pertama kali ia bersentuhan dengan senjata saat memperhatikan sang ayah, La Daru menenteng senapan. Ayahnya juga seorang atlet tembak Sulsel asal Soppeng.

“Waktu masih SD, pertama kali penasaran dengan beratnya. Terus saya coba angkat, pegang, tetapi belum berani saya gunakan” kata Dhana.

Ia mulai serius menekuni olahraga itu saat menginjak kelas 3 SMP. Kerap kali ia ikut saat ayahnya latihan. Akhirnya karena melihat potensi besar pada diri Dhana, Ayahnya memberanikan diri mengajak sang anak untuk ikut mencoba menembak.

“Mulai dari itu, kemampuan saya terus diasah. Awalnya memang agak risih sebagai perempuan menenteng senjata. Tetapi kan kita sudah kuat mental dan memilih jadi atlet,” ujarnya.

Cewek berjilbab itu juga kerap dicandai oleh teman-teman ceweknya. Mereka sering meminta Dhana sana “menembak” laki-laki yang suka jahil dengan perempuan. “Saya cuma jawab, ntar mati kalau saya tembak,” candanya seraya tertawa.

Kini, mahasiswi semester II di STIE Nobel itu berharap dirinya bisa mengikuti lebih banyak kejuaraan menembak jelang tampil di PON XIX Jabar. Itu penting bagi atlet agar ada kompetisi, kemampuan menembak bisa ditingkatkan,” pungkasnya. (ris)

Nama            : Phirdana Bintari
Panggilan        : Phirda atau Dhana
Tempat Tgl Lahir    : Makassar 5 Mei 1995
Ayah            : La Dahu (Soppeng)
Ibu            : Ernawati (Soppeng)
Pekerjaan        : Mahasiswi (semester II) – Atlet tembak air riffle
Kampus/Jurunsan        : STIE Nobel jur Akuntansi

Prestasi :
– 2015    Lolos PON XIX 2016 Jawa Barat
– 2014    Medali emas Porda di Bantaeng
– 2011`    Medali perunggu Kejuaraan Lily Sampoerna di Bali
– 2009    Medali emas Kejuaraan Menembak Air Riffle UNHAS

loading...
Click to comment
To Top