IMBAUAN KAPOLRES SALATIGA SAMBUT LEBARAN; Demi Aman, Jangan Pakai Perhiasan Berlebihan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

IMBAUAN KAPOLRES SALATIGA SAMBUT LEBARAN; Demi Aman, Jangan Pakai Perhiasan Berlebihan

SALATIGA – Kapolres Salatiga AKBP Yudho Hermanto SIK menegaskan kepada masyarakat saat menyambut Lebaran 2015 ini, jika bepergian ke pasar ataupun tempat keramaian agar tidak memakai perhiasan emas secara berlebihan.Pasalnya, hal ini dapat memicu orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.

“Kerawanan menjelang lebaran untuk Kota Salatiga adalah pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), serta penjambretan. Bahkan, diwaspadai pula penggedaman. Untuk itu, jika bepergian ke tempat keramaian, khususnya ibu-ibu dan anak perempuan jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan,” kata AKBP Yudho Hermanto kepada Rakyat Jateng, Jumat (3/7).
Ditambahkan, wilayah Salatiga ini dinilainya rawan akan pencurian kendaraan bermotor. Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat dan pemudik untuk berhati-hati dalam memarkir kendaraannya. Parkirkan motor di tempat yang aman dan tambahkan kunci pengaman. Ini cara yang paling efektif untuk mengantisipasi pencurian motor.
Bahkan, pencurian dengan sasaran rumah kosong harus diwaspadai. Pihaknya juga telah melakukan koordinasi kepada RT maupun RW agar peduli dengan lingkungannya. Selain itu, siskamling agar selalu dijaga dan ditingkatkan, khususnya menjelang dan pasca Lebaran mendatang. Jika melihat ada yang mencurigakan langsung ditegur atau secepatnya melaporkan ke Polsek terdekat atau Polres Salatiga.
“Polres Salatiga akan melakukan pengawasan terhadap rumah kosong dan patroli ke wilayah publik area seperti terminal dan pasar serta tempat keramaian lainnya. Hal ini diminta ataupun tidak, kami siap dan telah bertekad memberikan bantuan pengamanan kepada masyarakat. Disinyalir pusat-pusat keramaian rawan terjadinya tindak kejahatan,” tandasnya.
Hal senada dikatakan WaliKota Salatiga Yuliyanto SE MM, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi tindak kejahatan. Sebab menjelang lebaran disinyalir rawan aksi tindak kejahatan.
“Mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban mulai dari lingkungan. Jika bepergian, jangan memakai perhiasan berlebihan dan mencolok karena hal itu akan mengundang pelaku kejahatan untuk berbuat jahat,” tandas Yuliyanto SE MM kepada Rakyat Jateng, di ruangnya, Jumat (3/7). (hes)

To Top