Komisi IX DPR Soroti Tumpang Tindih Pelayanan TKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Komisi IX DPR Soroti Tumpang Tindih Pelayanan TKI

FAJARONLINE, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Nasdem Irma Suryani Chaniago menyoroti masalah masih adanya dualisme pelayanan perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dilakukan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI (Kemenaker) dan BNP2TKI.

Dalam rapat kerja Komisi IX dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigasi (Menakertrans) dan Kepala BNP2TKI, Irma menegaskan bahwa perlu adanya suatu formulasi guna mensinergikan kewenagan Kemenaker dan BNP2TKI.

“Saya mencermati adanya dualisme dalam rangka pelayanan  perlindungan TKI antara BNP2TKI dan Kementerian Tenaga Kerja. Kemenaker melalui Dirjen Binapentanya dan BNP2TKI melalui Deputi Perlindungannya,” Ujarnya

Menurut anggota DPR Faksi Nasdem ini, dualisme akan menimbulakn problem ketika ada TKI yang bermasalah. Mereka (TKI)   bingung mau kemana  mengadu, mereka harus pergi ke kedua tempat ini.

“ Tadi Pak Menteri mengatakan kita akan masuk kedalam satu pintu, namun  dalam paparanya Kepala BNP2TKI juga  membuat rencana Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP). Mana yang harus diutamakan, apakah BNP2TKInya atau Kemenakernya. Jangan dua-duanya bekerja dengan maksud yang sama,” tambahnya

Irma juga  mengingatkan bahwa BNP2TKI dibentuk dalam memberikan pemberdayaan, perlindungan, dan penempatan TKI. Olehnya itu menaker dan BNP2TKI harus duduk bersama guna mendiskusikan masalah ini. Sebab hal yang utama dari persoalan buruh adalah bagaimana upaya pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja yang cukup serta keberpihakan pemerintah kepada buruh, jaminan kerja, asuransi, perlindungan hukum, kesejahteraan, dan ketahanan sosial buruh.

Click to comment
To Top