Anda Ingin Melamar Kekasih, Perlu Baca Ini! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Anda Ingin Melamar Kekasih, Perlu Baca Ini!

FAJARONLINE – Bagaimana konsep acara lamaran sederhana? Setiap orang tentunya mempunyai sebuah impian tentang pernikahan karena pernikahan adalah salah satu jenjang terbesar yang menghantarkan kita ke fase baru yang juga terpenting dalam hidup.

Namun, pernikahan bukanlah sebuah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa pun dan kapanpun. Pernikahan yang merupakan gerbang masuk ke kehidupan baru, memerlukan kesiapan total bagi siapapun yang ingin melaksanakannya.

Tidak hanya kesiapan mental dan usia yang cukup, tetapi juga kesiapan materi alias finansial yang juga menjadi faktor utama berjalan baiknya sebuah pernikahan. Selain itu, untuk menjalani sebuah pernikahan, Anda juga harus melewati beberapa proses, yaitu mulai dari perkenalan, pengenalan karakter masing-masing, hingga acara lamaran dan kemudian pernikahan.

Salah satu acara penting yang merupakan proses sebelum terlaksananya pernikahan adalah acara lamaran. Tidak seperti acara pernikahan, pasangan pada umumnya hanya menginginkan sebuah acara lamaran sederhana yang tidak begitu ribet dan tidak membutuhkan anggaran yang begitu besar.

Rangkaian acara yang sederhana dalam proses pernikahan juga merupakan keputusan yang bijak karena kehidupan yang layak setelah pernikahan akan membutuhkan anggaran yang juga tidak sedikit. Bagi Anda yang membutuhkan beberapa informasi tentang acara lamaran sederhana, informasi berikut ini mungkin bisa memberikan sedikit inspirasi.

Makna Acara Lamaran
Acara lamaran merupakan tahap penting sebelum pernikahan yang membuktikan keseriusan sang pria. Dalam acara lamaran, sang pria bermaksud untuk berbicara kepada kedua orang tua atau wali wanita pujaan hatinya tentang keseriusannya untuk menikah.

Apabila kedua orang tua atau wali si wanita telah setuju, maka akan ditentukan pelaksanaan proses berikutnya menuju ke jenjang pernikahan. Secara umum, acara lamaran terbagi menjadi dua, yaitu acara lamaran non formal dan formal.

1. Lamaran Non-Formal
Lamaran non-formal adalah acara lamaran yang dilakukan seorang diri oleh sang pria untuk menyampaikan maksud hatinya yang ingin menikahi si wanita. Dalam acara lamaran non-formal ini, sang pria hanya seorang diri datang menemui kedua orang tua atau wali kekasihnya.

Kemudian, mereka membicarakan hubungan keduanya yang sudah cukup serius dan sang pria selanjutnya menyampaikan kesungguhan, serta kesiapannya untuk menjalani kehidupan rumah tangga.

Ketika kedua orang tua atau wali si wanita telah menyetujui, kemudian mereka akan menentukan waktu di mana orang tua sang pria bisa datang dan melamar secara resmi atau formal.

2. Lamaran Formal
Sebagaimana istilahnya, lamaran formal adalah acara lamaran pihak pria kepada pihak wanita yang dilakukan secara formal atau resmi. Sudah ada dua keluarga besar yang bertemu dan membicarakan rencana pernikahan, seperti waktu pelaksanaan, tempat, serta bagaimana acara pernikahan akan dikemas.

Dalam acara lamaran formal ini, pihak pria biasanya telah membawa sejumlah hantaran yang akan menjadi pelengkap dalam acara pernikahan kedua calon mempelai.

Bagi mereka yang mengemas acara lamaran menjadi satu dengan acara pertunangan, sejumlah barang hantaran yang dibawa biasanya juga dilengkapi dengan sepasang cincin pertunangan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi masing-masing dalam melaksanakan acara lamaran yang sebagian besar tata caranya berbeda antara satu daerah dan daerah lainnya.

Di beberapa daerah, acara lamaran formal dilakukan satu kali di waktu yang tidak begitu jauh sebelum hari pernikahan. Selain itu, semua barang hantaran yang diperlukan juga dibawa dalam acara lamaran ini.

Di dalam acara lamaran ini, kedua keluarga juga membicarakan tentang kapan hari H pernikahan yang akan dilaksanakan, yang biasanya tidak berselang lama setelah acara lamaran.

Namun, tidak demikian halnya pada tradisi Jawa. Sebelum lamaran formal, terdapat juga acara lamaran semi formal yang disebut acara tembungan. Dalam acara ini, pihak pria belum membawakan hantaran karena dalam acara ini pihak pria baru akan melamar dan menentukan waktu pernikahan. Acara lamaran formal yang disebut peningsetan biasanya dilaksanakan sehari sebelum hari H atau sebelum ijab qobul dilaksanakan.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Lamaran Sederhana:

1. Cincin Lamaran
Bagi sebagian pasangan, acara lamaran juga merupakan acara pertunangan. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan biaya, sehingga tidak terlalu sering mengadakan acara. Tentu saja, sepasang cincin lamaran harus dipersiapkan sebelum hari lamaran.

Anda bisa memesan atau membelinya langsung di toko perhiasan. Agar mendapatkan cincin yang sesuai keinginan dengan ukuran dan model yang pas, Anda harus memilih untuk memesan cincin lamaran tersebut. Cincin lamaran juga bisa digunakan kembali sebagai cincin pernikahan saat menikah nanti.

2. Hantaran atau Seserahan
Saat keluarga pria datang ke kediaman wanita, tentu saja mereka tidak membawa tangan kosong. Ada beberapa hantaran yang diserahkan ke pihak wanita sebagai tanda pengikat dan sokongan untuk melaksanakan pernikahan.

Secara umum, hantaran yang dibawa pihak pria adalah uang hantaran, perhiasan, pakaian lengkap dengan pakaian dalam, sepatu dan tas, keperluan untuk berhias, seperangkat alat sholat, dan sebagainya. Bagi mereka yang masih berpegang pada tradisi adat, berbagai makanan tradisional dan sembako biasanya juga menjadi hantaran yang diserahkan.

3. Makanan
Di dalam sebuah acara, tentu makanan menjadi salah satu hal pokok yang harus dipersiapkan dengan baik. Anda bisa memilih untuk masak sendiri atau memesan semua makanan agar tidak terlalu repot.

Untuk jenis makanan, Anda harus mempersiapkan makanan kecil atau snack dan makanan inti, seperti nasi beserta lauk pauknya. Jika keluarga besar Anda dan pasangan terdiri dari banyak anggota, memesan makanan menjadi pilihan bijak agar tidak terlalu sibuk sebelum acara berlangsung.

4. Akomodasi
Bagi pasangan yang tinggal di kota yang berjauhan, transportasi dan akomodasi juga merupakan poin penting yang harus dipersiapkan. Untuk transportasi, keluarga pria bisa memilih beberapa pilihan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk akomodasi, pihak wanita harus mempersiapkan tempat di mana keluarga pihak pria bisa menginap. Anda bisa mempersiapkan sebuah rumah yang bisa digunakan untuk menginap atau memesan beberapa kamar di salah satu hotel terdekat.

5. Pakaian
Beberapa pasangan sangat mempersiapkan acara lamarannya dengan detil agar lebih mengesankan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan pakaian. Anda bisa mempersiapkan pakaian yang seragam ataupun tidak, sesuai dengan selera dan kemampuan.

Dengan catatan, pakaian yang dikenakan sebaiknya pakaian resmi, sang wanita menggunakan kebaya dan sang pria menggunakan beskap atau setelan jas.

Demikian uraian mengenai hal-hal yang berhubungan dengan acara lamaran sederhana yang sering kita lihat pada beberapa acara pernikahan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.(sumber : anneahira.com)

loading...
Click to comment
To Top