Meksiko Beri Lampu Hijau Pernikahan Sesama Jenis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Meksiko Beri Lampu Hijau Pernikahan Sesama Jenis

FAJARONLINE, MEXICO CITY – Setlah Amerika Serikat yang mengesahkan dan melegalkan pernikahan sesama jenis, kini Pengadilan Tinggi Meksiko memberikan lampu hijau untuk pelegalan penikahan sesama jenis.

Dikutip dari Reuters, seorang Hakim Agung Meksiko, Olga Sanchez mengatakan bahwa negara harus membawa hukum di jalur yang benar. “Apa gunanya memiliki norma-norma yang tidak valid? Anda hanya harus perlu mengubah undang-undang,” kata Sanchez seperti dimuat Reuters.

Di Meksiko sendiri penikahan sesama jenis masih di larang, kecuali di dua negara bagiannya. Sebelumnya pada putusan pengadilan 19 Juni lalu, undang-undang yang membatasi pernikahan sesama jenis dinilai tidak konstitusional.

Keputusan itu didasarkan pada lima putusan yang terpisah. Artinya, pasangan sesama jenis bisa menikah dengan perintah pengadilan di negara-negara bagian yang belum mengesahkan pernikahan sesama jenis.

Ibukota Meksiko yakni Mexico City menjadi kota pertama di Amerika Latin yang memungkinkan pasangan sesama jenis menikah pada tahun 2009 lalu.

loading...
Click to comment
To Top