Mustadh’afin Tantang Polisi Rehabilitasi Pengguna Narkoba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Mustadh’afin Tantang Polisi Rehabilitasi Pengguna Narkoba

FAJAR ONLINE,SIDRAP — Ketua Forum Peduli Mustadh’afin (FPM) Sidrap, Muhammad Ahlan, angkat bicara menanggapi membeludaknya tahanan narkoba di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II.B Sidrap. Menurut aktivis pemerhati HIV-AIDS dan narkoba itu, banyaknya tahanan narkoba itu dikarenakan jarangnya pengguna narkoba direhabilitasi.

“Sebenarnya pengguna narkoba itu bukan penjahat yang begitu ditangkap dan terbukti menggunakan serta merta harus diproses hukum dan penjara. Mereka itu sesungguhnya hanyalah korban dari pengaruh negatif narkoba. Karena dia korban, makanya harus diobati, istilah sekarang di rehabilitasi,” ujar Ahlan, Sabtu, 4 Juli.

Dewasa ini, sambung Ahlan, penyidik Satuan Narikoba Polres Sidrap, terkesan tabu memberi ruang kepada keluarga para pengguna narkoba untuk merehabilitasi tangkapannya. Padahal, kata Ahlan, hal itu sudah diatur dalam Pasal Pasal 54, Undang-undang (UU) Nomor 35 tahun 2009, tentang narkoba.

Lima tahun terakhir, sebut Ahlan, kasus narkoba di Sidrap, sangat signifikan. 2010, kata dia, kasus narkoba hanya 5 kasus dan 5 tersangka, kemudian 2011 ada 31 kasus dan 43 tersangka, 2012 ada 35 kasus 49 tersangka, 2013 ada 52 kasus 91 tersangka, 2014 ada 85 kasus 125 tersangka dan 2015 terhitung Januari hingga Juni, sudah 44 kasus 52 tersangka,” katanya. (eby)

loading...
Click to comment
To Top