Bawaslu Jateng: Masyarakat Harus Aktif Awasi Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bawaslu Jateng: Masyarakat Harus Aktif Awasi Pilkada

DEMAK – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Teguh Purnomo mengajak masyarakat agar berpartisipasi langsung dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang. Masyarakat juga diminta terlibat aktif dalam mengawasi semua proses penyelenggaraan pilkada.

hal itu diungkapkan Teguh saat sosialisasi pengawas partisipatif di gedung Bina Praja, Kompleks Kantor Bupati Demak, Sabtu (4/7). Acara dihadiri Bupati Demak Moch Dachirin Said, Komandan Kodim 0716 Demak Letkol Inf Nanang TT Wibisono SAP. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan anggota Panwascam dan relawan masyarakat.
Menurut Teguh, tujuan keikutsertaan masyarakat ini untuk menegakkan integritas, keredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan dan akuntabilitas hasil pilkada.
Teguh menambahkan bahwa pengawasan selain mewujudkan pemilu yang demokratis juga memastikan terselenggaranya Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas serta dilaksanakannya peraturan perundang-undangan mengenai pemilu secara menyeluruh.
“Pentingnya pengawasan partisipatif oleh masyarakat ini agar tingkat kepercayaan masyarakat pada pemilu meningkat dan dapat mengurangi serta mencegah pembangkangan publik,” terang Teguh Purnomo.
Teguh menjelaskan, bentuk pengawasan pastisipatif, diantaranya ikut memantau pelaksanaan pemilu, melakukan kajian terhadap persoalan kepemiluan, ikut melaporkan jika ada dugaan pelanggaran pemilu, mendukung ketaatan peserta dan penyelenggara pemilu terhadap ketentuan peraturan perundang-udangan.
Teguh juga mengharapkan kepada Panwaslu Kabupaten Demak, Panwascam juga Panwas Lapangan (PPL) agar bekerja professional serta maksimal dan dapat menyelasaikan sengketa pemilu.
“Kami berharap agar Bawaslu Demak, Panwascam, PPL dapat bekerja total professional dan juga harus dapat menyelesaikan sengketa pemilu,” pintanya.
Sementara itu Bupati Demak Moch Dachirin Said mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Demak sudah menyiapkan dana bagi Bawaslu Kab. Demak sejumlah Rp 22 miliar. Bupati menginginkan adanya peningkatan bagi pemilih pada pilkada tahun ini.
“Kami ingin partisipasi memilih pada tahun ini meningkat hingga 80% dari jumlah yang sebelmunya,” jelasnya. (fiz)

Click to comment
To Top