Tiga Kabupaten Terancam Tidak Dialiri Air Waduk Kedung Ombo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tiga Kabupaten Terancam Tidak Dialiri Air Waduk Kedung Ombo

GROBOGAN, RAJA – Sejumlah infrastruktur di Jawa Tengah kembali dilakukan pembangunan dan perbaikan, ermasuk seluruh ruas jalan. Sehingga jelang lebaran ini dijadwalkan sejumlah proyek jalan selesai.

Bukan jalan saja, sejumlah saluran irigasi mulai talud, embung dan beberapa sarana prasana pengairan juga dibangun. Tak terkecuali pintu air Waduk Kedung Ombo (WKO). Karena dilakukan perbaikan maka pintu air Waduk Kedung Ombo terpaksa ditutup secara total.
Saluran primer WKO dilakukan perbaikan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana (BBW-SPJ) sejak sepekan silam.
Akibatnya, Bendung Sidorejo, Sedadi dan Klambu utamanya Klambu Kanan yang berada di hilir waduk, kini tidak bisa lagi mengairi lahan pertanian yang ada di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Grobogan, Pati dan Kudus. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Grobogan Ir Subiyono MT, Minggu (5/7).
“Meski WKO ditutup, namun para petani tak mempermasalahkan karena hampir sebagian besar lahan pertanian yang ada pada saat ini ditanami palawija. Hanya Bendung Klambu Kiri yang masih terbuka karena di wilayah Kecamatan Dempet, Gajah dan Karanganyar, Kabupaten Demak masih ada lahan tanaman padi yang membutuhkan air,” jelas Subiyono.
Subiyono mengatakan, penutupan pintu air WKO tersebut sudah dikoordinasikan dan memperoleh persetujuan dari Persatuan Petani Pengguna Air (P3A) Kabupaten Grobogan, Kudus, Pati dan Demak. Seluruh petani di daerah hilir, kecuali Demak, tidak mempermasalahkan saluran primer, sekunder dan tersier yang ada didaerahnya ditutup mulai awal Juli 2015. (awg)

loading...
Click to comment
To Top