Ahok Disebut Figur Paling Populer, Benarkah? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ahok Disebut Figur Paling Populer, Benarkah?

JAKARTA–Terpaan media terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama menjadikannya sebagai figur populer (92,4 persen) dibandingkan tokoh ‎lainnya. Ahok pun dinilai masih memiliki kans menjadi Gubernur periode selanjutnya dengan elektabilitas paling tinggi 32,8 persen, dibandingkan tokoh lain yang mungkin akan maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta.

Demikian hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (kedaiKOPI). Survei ini melibatkan 250 responden. Pemilihan sample dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Proses pengumpulan data dilaksanakan pada 26 Mei sampai dengan 3 Juni 2015, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur.

Menurut Pollster KedaiKOPI, Hendri Satrio, responden dipilih berdasarkan karakteristik tertentu. Di antaranya berpenghasilan di atas Rp 5 juta; mempunyai mobil; memiliki latar belakang pekerjaan di salah satu unit usaha; memiliki jabatan sekurang-kurangnya assisten manager atau sederajat; dan bekerja di salah satu kawasan segi tiga emas, yaitu Sudirman, Thamrin, dan Kuningan-Rasuna Said.

“Namun meski dari sisi popularitas dan elektabilitas masih tertinggi, Ahok mulai disaingi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil yang popularitasnya mencapai 80,4 persen dan tingkat eletabilitasnya 31,6 persen. Populartitas dan elektabilitas Ridwan Kamil ini jauh di atas Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat dengan popularitas 57,6 persen dan elektabilitas 4 persen,” kata Hendri beberapa saat lalu (Senin, 5/7).

Hendri menamabahkan, beberapa tokoh lain muncul seperti Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya), Boy Sadikin (Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta), Sylviana Murni (Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata) dan Dedy Mulyadi (Bupati Purwakarta). [ysa/rmol]

loading...
Click to comment
To Top