DPR Rapat dengan PT Freeport, Ini yang Dibahas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

DPR Rapat dengan PT Freeport, Ini yang Dibahas

JAKARTA-Pertemuan antara Komisi VII DPR dengan PT Freeport Indonesia tidak membahas masa kontrak perusahaan asing milik Amerika Serikat itu di Papua.

“Sekarang kita tidak mendalam itu, karena itu kan antara regulator dan DPR,” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR, Mulyadi seusai memimpin rapat dengan PT. Freeport di Gedung Nusantara I Senayan, Jakarta, Senin (6/7)

Menurutnya, sampai saat ini Komisi VII menghormati kesepakatan kerja sama antara pemerintah dengan PT. Freeport Indonesia hingga 2021. Pertemuan ini dimaksudkan untuk mencari jalan keluar jika eksekutif dan legislatif sepakat mengubah UU Mineral dan Batubara (Minerba).

Nah ini bagaimana membahas jalan keluarnya, ini tadi dibahas bersama. Bagaimana ada produk politik lainnya. UU lainnya yang mungkin bisa mengakomodir itu (masa habis kontrak), pihak DPR akan membahasnya dengan pihak terkait,” urai Mulyadi.

Seperti diketahui pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperpanjang kelangsungan usaha PT Freeport Indonesia hingga 20 tahun ke depan.

Perpanjangan itu diberikan, setelah Freeport memperoleh Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Meski demikian, dalam perpanjangan tersebut, Freeport diwajibkan membangun pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter.[wid/rmol]

loading...
Click to comment
To Top